Menari, Berkebun, dan Jalan Cepat: Aktivitas Sederhana yang Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

2 minutes reading
Thursday, 8 Jun 2023 22:12 0 90 admin

Karawang, AlexaPodcast.ID — Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine telah mengungkap kabar baik bagi mereka yang ingin mencegah diabetes tipe 2. Gaya hidup yang buruk sering dianggap sebagai faktor utama penyebab kondisi ini, namun penelitian ini menawarkan solusi sederhana.

Tim peneliti Australia, yang mengamati 59.325 orang dewasa dari UK Biobank, menemukan bahwa melakukan tiga aktivitas sederhana dapat mengurangi risiko gula darah tinggi hingga tiga perempatnya. Aktivitas-aktivitas tersebut adalah berkebun, menari, dan jalan cepat.

Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang melakukan lebih dari satu jam olahraga ringan hingga berat setiap hari memiliki risiko 74 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Bahkan, risiko tersebut menurun bahkan pada mereka yang secara genetik rentan terhadap penyakit ini.

Profesor Melody Ding dari Universitas Sydney, penulis senior penelitian ini, menjelaskan bahwa meskipun risiko genetik dan riwayat keluarga tidak dapat dikendalikan, gaya hidup aktif dapat melawan sebagian besar risiko diabetes tipe 2 yang berlebihan.

Studi ini melibatkan partisipan yang mengenakan akselerometer di pergelangan tangan mereka untuk melacak aktivitas fisik selama tujuh tahun. Temuan menunjukkan bahwa aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga berat memiliki pengaruh signifikan terhadap risiko diabetes tipe 2.

Aktivitas fisik intensitas sedang termasuk jalan cepat dan berkebun, yang membuat Anda berkeringat dan sedikit terengah-engah. Sedangkan aktivitas fisik intensitas berat meliputi berlari, menari aerobik, bersepeda menanjak atau dengan kecepatan tinggi, serta berkebun yang berat seperti menggali.

Susan Luo, penulis utama penelitian ini, sangat senang dapat membagikan hasil penelitian ini kepada khalayak luas. Ia menekankan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki risiko genetik tinggi atau riwayat keluarga dengan diabetes tipe 2.

Para peneliti menambahkan bahwa temuan ini menunjukkan pentingnya mempromosikan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi sebagai strategi utama pencegahan. Penelitian ini juga menjadi bukti pertama yang menunjukkan bahwa risiko genetik diabetes tipe 2 dapat diatasi melalui olahraga.

Dengan demikian, bagi siapa pun yang ingin mencegah diabetes tipe 2, mulailah aktif secara fisik hari ini. Aktivitas sederhana seperti menari, berkebun, dan jalan cepat dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan Anda dan melawan risiko yang mungkin Anda hadapi. (PMJ)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!