Pemudik Tahun ini Diprediksi Capai 123 Juta Orang, Pemerintah Siapkan Strategi

2 minutes reading
Sunday, 26 Mar 2023 05:44 0 79 admin

Jakarta, AlexaPodcast.ID — Saat ini pemerintah sedang menyiapkan strategi untuk mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyampaikan, perkiraan jumlah pemudik pada libur Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 akan mengalami peningkatan mencapai 123 juta orang atau naik sebesar 47 persen secara nasional.

“Kami bersama-sama dengan Kakorlantas Polri dan juga Menko PMK sudah berkoordinasi bagaimana memanage mudik kali ini yang begitu signifikan,” jelas Menhub Budi Karya dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu (26/3/2023).

Menhub juga menyoroti banyaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor Karena itu, untuk menekan penggunaan roda dua saat mudik, Kemenhub menyiapkan beberapa program mudik gratis dengan moda bus, kapal laut dan kereta api.

“Saya harapkan Kementerian lain dan swasta juga mengadakan mudik gratis minimal untuk kalangan mereka sendiri. Supaya apa? supaya tidak membebani apa yang kita programkan,” tuturnya.

Selain itu, Budi juga mengatakan akan ada asesmen untuk menertibkan kendaraan yang dikecualikan dan tidak boleh overload membawa muatan. Penggunaan jalan arteri juga akan mendapat perhatian agar dapat memperlancar arus mudik.

“Berkaitan dengan mobil barang, karena kita tahu di jalan tol itu, jalan arteri relatif mempunyai kapasitas menurun dengan adanya mobil barang 3 sumbu, satu kecepatan menurun, kedua volume membuat menjadi penyempitan,” terangnya.

Lebih lanjut Budi mendukung adanya usulan untuk memajukan libur cuti bersama dua hari lebih awal, yang semula tanggal 21 April 2023 dimajukan menjadi 19 April 2023.

Menurut dia, usulan tersebut muncul sebagai antisipasi kepadatan lalu lintas atas antusiasme pemudik di tahun 2023 yang telah diprediksi meningkat. (Ega Nugraha)

Share Link :
LAINNYA
error: Content is protected !!