Bahaya Minum Alkohol bagi Kesehatan : Bisa Diserang 60 Penyakit

3 minutes reading
Wednesday, 14 Jun 2023 07:01 0 86 admin

Karawang, AlexaPodcast.ID — Sebuah studi baru telah mengungkap bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko lebih dari 60 jenis penyakit, termasuk beberapa yang sebelumnya tidak terkait dengan minuman beralkohol.

Penyakit-penyakit yang dikaitkan dengan minum alkohol antara lain asam urat, katarak, patah tulang, dan tukak lambung.

Para ahli juga memperingatkan bahwa orang yang kecanduan alkohol memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit seperti sirosis hati, stroke, dan beberapa jenis kanker, menurut penelitian yang dilakukan oleh Oxford Population Health, Peking University, dan Chinese Academy of Medical Sciences.

Peneliti dari Oxford Population Health, yang juga sebagai penulis utama makalah tersebut, Pek Kei Im, mengatakan bahwa konsumsi alkohol terkait dengan berbagai penyakit yang jauh lebih luas daripada yang sebelumnya diketahui.

“Temuan kami menunjukkan bahwa hubungan ini mungkin merupakan sebab akibat,” ujar Pek Kei Im seperti dilansir dari laman The Sun pada Rabu (14/6/2023).

Studi ini melibatkan 512 ribu orang dewasa di China, dan para peserta diwawancarai tentang gaya hidup dan kebiasaan minum mereka. Sekitar sepertiga pria dan dua persen wanita mengaku minum alkohol secara teratur, yaitu setidaknya sekali seminggu.

Para peneliti mempelajari catatan kesehatan kelompok pria selama sekitar 12 tahun dan melakukan analisis genetik untuk memastikan apakah minum alkohol berkontribusi terhadap penyakit atau tidak.

Dalam 207 jenis penyakit yang diidentifikasi pada pria, para peneliti menemukan bahwa konsumsi alkohol berhubungan dengan risiko yang lebih tinggi dari 61 jenis penyakit.

Hal ini termasuk 28 penyakit yang sebelumnya diketahui terkait dengan alkohol oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti sirosis hati, stroke, dan beberapa jenis kanker saluran cerna.

Namun, studi ini juga menemukan bahwa ada 33 penyakit tambahan yang sebelumnya tidak diketahui terkait dengan alkohol, seperti asam urat, katarak, patah tulang, dan tukak lambung.

Pria yang minum alkohol secara teratur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit apa pun dan lebih sering dirawat di rumah sakit dibandingkan dengan mereka yang hanya minum sesekali, menurut temuan penelitian ini.

Pola konsumsi alkohol tertentu juga terbukti berpengaruh pada kesehatan pria. Misalnya, minum alkohol dalam jumlah besar setiap hari atau di luar waktu makan meningkatkan risiko terjadinya penyakit tertentu, seperti sirosis hati.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), sirosis adalah kondisi di mana jaringan parut terbentuk pada hati akibat kerusakan yang berkepanjangan, yang mengganggu fungsi hati. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan hati dan munculnya komplikasi serius.

Analisis genetik juga menunjukkan bahwa setiap konsumsi empat minuman per hari dikaitkan dengan risiko 14 persen lebih tinggi terkena penyakit terkait alkohol, risiko penyakit yang sebelumnya tidak diketahui terkait alkohol meningkat sebesar enam persen, dan risiko sirosis hati serta asam urat menjadi lebih dari dua kali lipat. (Pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!