Pesawat C-130J Super Hercules TNI AU Kedua Tiba di Indonesia

3 minutes reading
Thursday, 29 Jun 2023 01:29 0 97 admin

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Penampakan Pesawat C-130J Super Hercules TNI AU yang kedua telah mencuri perhatian publik. Dengan tail number A-1340, pesawat ini tiba di Tanah Air dan disambut dengan acara khusus, termasuk water salute dan pengalungan slempang batik kepada empat awak pesawat C-130J. Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI A. Gustaf Brugman secara resmi melaksanakan upacara penyambutan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Pesawat C-130J yang kedua ini akan segera diserahkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam beberapa hari mendatang. Kedatangan alutsista ini merupakan bagian dari upaya nyata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memperkuat TNI sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, dengan fokus pada pembangunan kekuatan pertahanan dan pemenuhan alat utama sistem senjata (alutsista) modern di berbagai matra.

Pesawat C-130J Super Hercules TNI AU yang dipesan oleh pemerintah melalui Kementerian Pertahanan ini akan memperkuat kekuatan udara. Saat ini, jumlahnya mencapai 5 unit.

Sebelumnya, pesawat pertama telah diterima pada Maret 2023. Rencananya, pesawat ketiga akan tiba pada Juli 2023, diikuti oleh pesawat keempat pada Oktober 2023, dan pesawat kelima pada Januari 2024.

Kelima pesawat ini, yang diproduksi oleh Lockheed Martin Amerika Serikat, akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Pesawat-pesawat ini akan mendukung misi TNI AU dalam operasi militer perang maupun operasi militer selain perang, terutama dalam hal angkutan udara.

Dengan dimensi panjang 34,69 meter, tinggi 11,9 meter, dan lebar sayap 39,7 meter, pesawat Super Hercules C-130J memiliki kemampuan mengangkut beban hingga hampir 20.000 kilogram. Pesawat ini dapat memuat 8 palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, dan 92 pasukan terjun payung. Ditenagai oleh empat turboprop Rolls-Royce AE 2100D yang menghasilkan daya sebesar 4.700 tenaga kuda, pesawat ini dapat mencapai kecepatan maksimal 660 kilometer per jam pada ketinggian 6.706 meter.

Tidak hanya itu, C-130J Super Hercules juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Peningkatan sistem perlindungan bahan bakar, sistem penanganan kargo yang lebih baik, dan sistem avionik digital terintegrasi penuh menjadi beberapa keunggulan pesawat ini. Pesawat ini juga dilengkapi dengan layar head-up dan sistem navigasi canggih, termasuk sistem navigasi inersia ganda dan GPS.

Acara penyambutan pesawat C-130J Super Hercules yang kedua ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tonny Hardjono, Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, dan Kadispenau Marsma TNI Agung Sasongkojati. Kehadiran mereka semakin memperkuat momen penting kedatangan pesawat ini.

Kedatangan pesawat C-130J Super Hercules yang kedua ini menandai langkah konkret dalam memperkuat kekuatan pertahanan negara. TNI AU semakin memiliki alutsista modern yang mendukung kegiatan operasional dengan lebih efektif. (Pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!