Peringatan Serius: Penyakit Jantung Kini Mengintai Generasi Muda

2 minutes reading
Thursday, 15 Jun 2023 11:57 0 97 admin

Karawang, AlexaPodcast.ID — Penyakit jantung, yang sebelumnya lebih sering terjadi pada orang tua, kini semakin mengkhawatirkan di kalangan anak muda. Bahkan, angka kematian akibat penyakit kardiovaskular pada mereka yang tampak sehat pun mengalami peningkatan.

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat yang mencakup periode 1995 hingga 2014, terdapat sekitar 28 ribu kasus serangan jantung. Yang mengejutkan, sekitar 30 persen dari jumlah tersebut terjadi pada individu di bawah usia 54 tahun.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memperburuk kesehatan jantung pada anak muda, seperti yang dikutip dari laman Times of India pada Kamis (15/6/2023):

Obesitas
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan bahwa obesitas pada usia 35 hingga 64 tahun meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Berat badan merupakan faktor risiko yang signifikan dalam penyakit jantung. Obesitas umumnya merujuk pada kelebihan lingkar pinggang dan obesitas perut.

Diabetes
Epidemi diabetes menyebar dengan cepat. Gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan mempengaruhi fungsi normal otot-otot saraf yang mendukung kinerja jantung.

Gaya Hidup yang Terlalu Pasif
Individu yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk di belakang meja seringkali kurang melakukan aktivitas fisik. Beberapa penelitian dan ahli kesehatan menekankan pentingnya meningkatkan aktivitas fisik.

Para ahli kesehatan merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik yang intens setiap minggu.

Kebiasaan Olahraga yang Tidak Sehat
Olahraga merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tubuh, dan pusat kebugaran merupakan tempat yang baik untuk mencapainya. Namun, kebiasaan olahraga yang tidak sehat, seperti tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga atau mengabaikan pendinginan setelahnya, dapat membahayakan nyawa.

Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi selalu menjadi ancaman serius bagi kesehatan jantung. Seperti penyakit jantung, kasus tekanan darah tinggi juga meningkat di kalangan anak muda.

Masalahnya, banyak dari mereka yang tidak menyadari kondisi ini karena tubuh anak muda memiliki kekuatan untuk menahan gejala awal. Membiarkan tekanan darah tinggi tidak diobati dapat membahayakan jantung.

Dalam menghadapi lonjakan kasus penyakit jantung pada anak muda, penting bagi individu untuk memperhatikan faktor-faktor risiko tersebut dan mengadopsi gaya hidup sehat. Langkah-langkah pencegahan seperti menjaga berat badan ideal, mengontrol diabetes, meningkatkan aktivitas fisik, dan mengendalikan tekanan darah dapat membantu melindungi kesehatan jantung pada usia muda. (Pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!