Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Protein yang Perlu Diwaspadai

2 minutes reading
Monday, 14 Aug 2023 05:07 0 66 admin

Protein, selain menjadi zat gizi esensial untuk perkembangan otot dan jaringan tubuh, juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, membentuk enzim, dan mengatur kadar hormon tubuh. Namun, kekurangan protein tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan dan otot, tetapi juga dapat menunjukkan tanda-tanda lain yang perlu diwaspadai.

Berdasarkan laporan dari Web MD pada Senin (14/8/2023), berikut adalah beberapa tanda-tanda kekurangan protein yang perlu Anda perhatikan:

  1. Pembengkakan:

Salah satu tanda yang sering muncul ketika tubuh kekurangan protein adalah pembengkakan, terutama di area perut, tangan, kaki, dan tungkai. Protein membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga kekurangan protein dapat menyebabkan penumpukan cairan di jaringan tubuh.

  1. Perubahan Suasana Hati:

Kekurangan protein dapat mempengaruhi produksi neurotransmiter, bahan kimia yang penting untuk komunikasi sel saraf dalam otak. Neurotransmiter ini dibangun dari asam amino, komponen dasar protein. Ketidakcukupan asupan protein dapat mengganggu produksi neurotransmiter ini dan berpotensi memengaruhi suasana hati dan kesejahteraan mental.

  1. Kelelahan:

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan protein dalam diet dapat mengakibatkan hilangnya massa otot, mengurangi kekuatan dan keseimbangan tubuh. Hal ini juga dapat memperlambat metabolisme dan menyebabkan kelelahan. Kekurangan oksigen dalam sel, yang dapat terjadi akibat kekurangan protein, juga dapat menyebabkan anemia dan kelelahan.

  1. Nafsu Makan Tinggi:

Jika Anda merasa selalu lapar meskipun makan secara teratur, mungkin itu adalah tanda bahwa Anda membutuhkan lebih banyak protein. Protein membantu meningkatkan rasa kenyang dan dapat membantu mengurangi keinginan makan berlebihan.

  1. Penyembuhan Luka Lambat:

Kekurangan protein dapat memperlambat proses penyembuhan luka, termasuk luka ringan dan cedera olahraga. Protein diperlukan untuk pembentukan kolagen, suatu komponen penting dalam penyembuhan jaringan. Dengan asupan protein yang cukup, waktu penyembuhan luka dapat dipercepat.

Dengan memahami tanda-tanda kekurangan protein ini, Anda dapat lebih memperhatikan asupan gizi harian Anda untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjalani gaya hidup yang aktif. (Pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!