WHO: Varian Baru COVID-19 Tidak Mengubah Tingkat Keparahan Penyakit

2 minutes reading
Thursday, 28 Sep 2023 10:42 0 109 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan pada Rabu (27/9) bahwa varian-varian baru COVID-19 yang muncul tidak mengubah tingkat keparahan penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Pernyataan ini disampaikan oleh pemimpin teknis WHO, Maria Van Kerkhove, dalam konferensi pers di Jenewa.

Kerkhove menjelaskan bahwa WHO belum mendeteksi adanya perubahan signifikan dalam hal tingkat keparahan penyakit yang disebabkan oleh berbagai varian, termasuk BA.2.86 (Pirola), XBB.1.15, EG.5 (Eris), dan XBB.1.16.

Hal ini menunjukkan bahwa langkah-langkah penanggulangan yang telah diambil masih efektif dalam mencegah penyakit yang parah.

Dia juga menegaskan bahwa vaksin-vaksin COVID-19 yang saat ini ada masih aman dan efektif dalam mencegah penyakit dan kematian yang disebabkan oleh virus tersebut.

Namun, Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengkhawatirkan perkembangan terbaru seiring musim dingin yang semakin mendekat di belahan bumi utara.

Tedros mencatat bahwa jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit dan unit gawat darurat telah meningkat dalam 28 hari terakhir, terutama di Amerika dan Eropa.

Dia juga mengingatkan bahwa tingkat vaksinasi di kalangan kelompok-kelompok yang paling rentan masih rendah. Meskipun dua pertiga penduduk dunia sudah mendapatkan dosis utama vaksin, hanya sepertiga yang telah menerima dosis tambahan (booster).

Oleh karena itu, Tedros menekankan pentingnya menjaga kewaspadaan dan melanjutkan upaya penanganan COVID-19 meskipun situasinya mungkin tidak lagi seakut dua tahun yang lalu.

Tedros mengajak negara-negara untuk menjaga dan memperkuat sistem penanganan COVID-19, memastikan bahwa masyarakat dapat dilindungi, diuji, dan menerima perawatan yang dibutuhkan baik untuk COVID-19 maupun penyakit menular lainnya. (jawapos)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!