Waspada! Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cipratan Liur

2 minutes reading
Friday, 3 Nov 2023 08:56 0 118 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Ketua Pencegahan Infeksi dan Kontrol Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Ari Prayitno, memberikan penjelasan mengenai penularan cacar monyet atau mpox dalam sebuah webinar di Jakarta.

Menurutnya, cacar monyet dapat menular antar manusia melalui droplet atau cipratan liur yang dikeluarkan saat seseorang bersin, batuk, atau berbicara, dengan jarak kurang dari dua meter.

Ari menjelaskan bahwa penularan cacar monyet tidak bersifat airborne, yang berarti tidak terjadi melalui partikel kecil di udara.

Oleh karena itu, gravitasi memengaruhi sejauh mana droplet dapat menyebar, dan jarak memainkan peran penting dalam penularan penyakit ini.

“Dalam kasus droplet di bawah dua meter, risiko penularan masih tetap ada,” katanya.

Penularan mpox dari hewan ke manusia biasanya terjadi melalui luka, gigitan, cakaran, atau kontak erat dengan monyet. Selain itu, orang-orang yang mengonsumsi daging monyet, seperti di Afrika, juga berisiko terinfeksi.

Ari menjelaskan bahwa risiko dan komplikasi gejala yang muncul akan mempengaruhi perawatan seseorang yang terinfeksi cacar monyet.

Untuk kasus cacar monyet dengan gejala ringan, isolasi mandiri sudah cukup. Namun, perlu diterapkan standar pencegahan dan pengendalian infeksi, termasuk kewaspadaan standar dan kewaspadaan berbasis isolasi, khususnya kontak dan droplet.

Isolasi mandiri harus dilakukan di ruangan terpisah dari orang lain di tempat tinggal, dengan menghindari penggunaan bersama handuk mandi, pakaian, dan alat makan.

Permukaan yang sering disentuh oleh penderita harus dibersihkan dan disterilkan. Selain itu, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol, menjadi langkah penting. Aktivitas seksual yang melibatkan fisik harus dihindari.

Bagi pasien dengan gejala berat cacar monyet, perawatan di rumah sakit diperlukan. Mereka harus ditempatkan dalam ruangan tersendiri, terpisah dari pasien lain. Jarak tempat tidur minimal satu meter dan pintu harus ditutup untuk mencegah penularan. Pasien juga harus memiliki kamar mandi khusus.

Penjelasan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang cacar monyet dan prosedur yang tepat untuk mengisolasi pasien, menjaga kesehatan, dan mencegah penularan. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!