Warna Upil Ternyata Bisa Jadi Petunjuk Kondisi Kesehatan

2 minutes reading
Thursday, 7 Sep 2023 06:39 0 91 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Upil, yang seringkali dianggap sebagai hal yang biasa, mungkin memiliki rahasia tersembunyi tentang kesehatan kita.

Ingus yang mengering di hidung, meskipun terkadang menjengkelkan, ternyata bisa memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatan seseorang. Beragam variasi warna upil ini dapat memberikan informasi penting yang sebaiknya tidak diabaikan.

Seperti dilansir dari laman The Sun, berikut adalah enam variasi warna upil yang bisa menjadi petunjuk kondisi kesehatan Anda:

  1. Kuning – Warna upil atau ingus yang kekuningan bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang berjuang melawan infeksi. Warna kuning ini muncul akibat sel-sel darah putih yang terlibat dalam respons kekebalan tubuh dan dikeluarkan bersama dengan lendir atau ingus. Jika Anda mengalami warna upil kuning, kemungkinan Anda juga merasa tidak enak badan dan hidung Anda mungkin tersumbat.
  2. Hitam – Pada kebanyakan kasus, warna upil yang hitam bisa disebabkan oleh lingkungan tempat Anda tinggal dan kualitas udara yang Anda hirup. Orang-orang yang tinggal di wilayah padat dan berpolusi cenderung memiliki upil yang lebih gelap. Namun, warna hitam juga bisa menjadi pertanda adanya infeksi jamur serius, terutama pada individu dengan gangguan sistem kekebalan tubuh atau perokok.
  3. Hijau – Upil berwarna hijau menandakan adanya infeksi yang mungkin cukup serius. Ini dapat diiringi oleh gejala seperti demam, dan sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami ini.
  4. Putih – Warna upil putih dapat menunjukkan adanya infeksi hidung atau pilek. Biasanya, ini juga disertai dengan hidung bengkak atau tersumbat, dan terjadi karena peradangan yang memperlambat aliran lendir di hidung, membuatnya menjadi lebih kental dan keruh.
  5. Merah atau Cokelat – Warna upil merah atau cokelat dapat mengindikasikan adanya darah di dalamnya. Warna merah muda atau bercak merah mungkin disebabkan oleh iritasi pada lapisan hidung, sementara cokelat lebih mungkin menunjukkan adanya darah yang sudah lama ada di dalam ingus. Warna-warna ini juga dapat mengindikasikan masalah serius seperti pneumonia bakteri dan memerlukan perhatian medis segera.

Jadi, jangan anggap sepele perubahan warna upil Anda. Mereka mungkin menjadi isyarat pertama tentang kondisi kesehatan Anda yang perlu diperhatikan lebih lanjut. (pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!