Warga Karawang Wetan Antusias Ikut Pawai Obor Sambut Ramadhan

2 minutes reading
Saturday, 18 Mar 2023 14:18 0 97 Redaksi Alexa

Karawang, AlexaPodcast.ID — Bulan Suci Ramadhan segera tiba, umat Islam di berbagai daerah menyambut dengan gegap gempita. Seperti kegiatan Pawai Obor yang dilakukan oleh warga Kampung Sukasari RW 004, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur.

Ketua RW 004 Muhammad Karya, menyampaikan, kegiatan pawai obor ini diikuti oleh tokoh masyarakat, karang taruna GRADASI (Gerakan Pemuda Sukasari), sahabat IREMA (Ikatan Remaja Masjid Al Istiqomah), ibu-ibu pengajian MT Al Istiqomah. Tak mau kalah, banyak anak kecil yang ikut dan sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Menurut Karya, sapaan akrab Ketua RW 004, menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan rutin dilakukan setiap tahunnya.

“Kegiatan Pawai Obor ini rutin dilakukan setiap tahunnya, bukan hanya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, tetapi juga pada setiap hari besar Islam,” ujar Muhammad Karya, Sabtu (18/3/2023).

Dengan memakai pakaian muslim dan jalan berkeliling bersama, tampak rasa kebersamaan yang erat diantara warga.

Pawai obor tersebut diiringi dengan alat musik rebana sambil mengumandangkan salawat dan puji-pujian kepada Allah SWT.

“Makna dan ujuan dari kegiatan ini adalah sebagai rasa syukur kepada Allah SWT karena insyaAllah di pertemukan dengan Bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Longmarch pawai obor dimulai sekitar pukul 20.00 WIB, Karya menuturkan, start dari kantor kelurahan Karawang Wetan menuju stadion Singa Perbangsa, dilanjut ke arah Tugu I Love Karawang dan berputar di Bunderan Ramayana sampai kembali lagi ke Kantor Kelurahan Wetan.

Kegiatan berjalan tertib, kata Karya, banyak pengguna jalan yang ikut menikmati keseruan pawai obor, bahkan tak sedikit yang berhenti untuk ikut berfoto.

“Meskipun pawai ini terkesan tradisional tapi momen seperti ini selalu jadi hal yang dinanti masyarakat setiap tahunnya,” pungkasnya. (Siska)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!