Wajib Tahu, Lima Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

2 minutes reading
Thursday, 5 Oct 2023 03:52 0 61 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaNews.ID — Saat ini banyak orang berburu makanan penurun kolesterol, termasuk yang alami. Pasalnya, asupan makanan tersebut dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Seperti dilansir dari laman The Healthy, Kamis (5/10/2023), berikut lima makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

1. Almond
Segenggam almond mengandung 9 gram lemak tak jenuh tunggal. Ini membantu mengurangi kolesterol jahat , sekaligus meningkatkan jenis lemak baik.

Menikmati kacang almond daripada donat, keripik atau pretzel untuk dua kali camilan sehari dapat mengurangi kolesterol “jahat” hampir 10 persen.

Vitamin E alami dalam ‘daging’ almond ditambah flavonoid dalam kulit tipis kacang ini juga membantu menghentikan perkembangan plak yang menyumbat arteri.

2. Alpukat
Dalam sebuah penelitian Instituto Mexicano del Seguro Social di Meksiko, wanita dan pria yang makan satu buah alpukat per hari selama seminggu mengalami penurunan kolesterol total sebesar 17 persen.

Meski kadar LDL dan trigliserida yang tidak sehat turun, kadar HDL yang baik justru meningkat—mungkin berkat tingginya kadar lemak tak jenuh tunggal “baik” dalam alpukat. Buah berlemak ini juga kaya akan beta-sitosterol yang mampu memotong kolesterol.

3. Tomat
Dalam penelitian terbaru terhadap lebih dari 35 ribu wanita yang dilakukan oleh dokter di Rumah Sakit Brigham dan Wanita Boston, makan tujuh porsi atau lebih tomat per minggu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 30 persen.

Tomat mengandung ntioksidan likopen atau kadar vitamin C, potasium dan serat. Memasak tomat selama 30 menit atau lebih akan meningkatkan kadar likopen yang tersedia. Serta 1/4 cangkir tomat yang dijemur memiliki lebih banyak tekanan darah

4. Salmon
Di antara ikan berlemak yang kaya omega-3, salmon adalah rajanya. Satu porsi mengandung sekitar 1,8 gram asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), omega-3 penting yang membantu mengurangi risiko detak jantung tidak berirama.

Salmon juga dapat mengurangi kolesterol jahat, peradangan dingin, dan bahkan dapat mencegah aterosklerosis dan pembentukan bekuan darah.

5. Oatmeal
Betaglucan, serat larut yang ditemukan dalam oat bertindak seperti spons, menjebak asam empedu kaya kolesterol di usus dan menghilangkannya. Hasilnya adalah LDL “jahat” yang lebih rendah karena lebih sedikit kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, semangkuk besar oatmeal per hari (sekitar 1-1/2 cangkir) dapat mengurangi kolesterol tambahan 2 hingga 3 persen. (PMJ)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!