Tok! Pemprov dan DPRD Jabar Setujui CDPOB Kabupaten Subang Utara

2 minutes reading
Wednesday, 28 Jun 2023 03:17 0 201 Redaksi Alexa

BANDUNG, AlexaPodcast.ID – Pemerintah Provinsi dan DPRD Jawa Barat menyetujui Kabupaten Subang Utara menjadi calon daerah persiapan otonom baru (CDPOB). Dan itu akan diusulkan ke pemerintah pusat.

Kabupaten Subang Utara disetujui menjadi CDPOB dalam rapat paripurna DPRD Jabar yang digelar di Bandung, Selasa 27 Juni 2023.

Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat mengatakan provinsi yang memiliki populasi mencapai kurang lebih 50 juta jiwa seharusnya memang memiliki kabupaten/kota berjumlah lebih dari 27.

Oleh karena itu, kata dia, dengan adanya penambahan usulan calon daerah persiapan otonom baru yakni Kabupaten Subang Utara dan juga delapan daerah lainnya, DPRD Jabar mendesak pemerintah pusat untuk segera mencabut moratorium.

“Jawa Barat dengan penduduk hampir 50 juta jumlah kabupaten kota hanya 27, sementara Jateng 35 kabupaten/kota dan Jatim 38,” ucap Ru’yat.

“Sehingga kami mendesak pemerintah pusat untuk mencabut moratorium dan memberikan kesempatan kepada 9 kabupaten kota daerah otonomi baru untuk dibahas di komisi 2 DPR RI dan di Kemendagri, Dirjen Otonomi Daerah,” sambungnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan, CDPOB Kabupaten Subang Utara adalah aspirasi yang diwujudkan kerja semua pihak.

“Alhamdulillah satu daerah CDPOB baru yaitu Kabupaten Subang Utara sudah kami setujui, tadi dihadiri tokoh dari forum koordinasi pemekaran Pantura Subang, ini adalah aspirasi yang diwujudkan kerja semua pihak,” ujar

Ridwan Kamil berharap pemerintah pusat bisa segera mencabut kebijakan moratorium atau penangguhan pembentukan daerah baru. Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, dengan dicabutnya moratorium dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

“Jadi mudah-mudahan di pemerintah pusat apakah masih era Presiden Jokowi atau di pemerintahan yang baru, keadilan pemekaran wilayah yang masih dalam bentuk moratorium bisa dicabut dan kita bisa merasakan kesejahteraan jawa barat yang meningkat,” ujar Emil.

“Sekarang saja dengan keterbatasan sudah luar biasa apalagi dengan proporsional,” imbuhnya.

Daftar usulan calon daerah pemekaran di Jabar
Kabupaten Subang Utara menambah jumlah usulan CDPOB yang akan diajukan dari Jawa Barat ke pemerintah pusat.

Kini ada sembilan usulan CDPOB dari Jawa Barat yakni Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Kabupaten Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Kabupaten Bogor Timur, Kabupaten Indramayu Barat, dan Kabupaten Subang Utara. (***)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!