Tidur Berkualitas Penting untuk Kesehatan Mental, Menurut Penelitian

2 minutes reading
Wednesday, 1 Nov 2023 13:00 0 108 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Tidur adalah salah satu aktivitas yang sangat penting bagi tubuh untuk beristirahat dari segala aktivitas.

Namun, tidur juga dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu tidur berkualitas dan tidur tidak berkualitas. Pola tidur yang tidak berkualitas seringkali membuat tubuh terasa semakin lelah.

Sebaliknya, tidur berkualitas dapat membantu mencegah gangguan kesehatan mental ketika seseorang dihadapkan pada situasi atau pengalaman yang penuh tekanan.

Temuan ini didasarkan pada penelitian yang melibatkan lebih dari 600 peserta selama pandemi COVID-19 pada tahun 2020.

Selama tahun 2020, pandemi ini menyebabkan stres berkepanjangan bagi banyak orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang lebih baik berkaitan dengan lebih rendahnya gejala depresi dan kecemasan.

Menurut peneliti dari University of York, Emma Sullivan, “Kami menemukan bahwa kualitas tidur yang lebih baik berkaitan dengan lebih rendahnya (kemunculan) gejala depresi dan kecemasan.”

Dosen pembimbing PhD Departemen Psikologi Universitas York, Dr. Scott Cairney, menjelaskan bahwa manfaat tidur berkualitas dapat dioptimalkan jika diimbangi dengan strategi coping yang baik lainnya, seperti kemampuan melihat sisi positif dari situasi stres.

Tidur memainkan peran penting dalam manajemen stres kronis dan dapat menjaga kesejahteraan jangka panjang serta mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Untuk memastikan kualitas tidur yang baik, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

  1. Hindari paparan televisi, komputer, atau gadget minimal 30 menit sebelum tidur.
  2. Ciptakan suasana tidur yang gelap, tenang, dan sejuk.
  3. Tetap tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada hari libur.
  4. Atur jadwal tidur Anda untuk memenuhi rekomendasi durasi tidur yang disarankan, yaitu tujuh jam per malam untuk orang dewasa.
  5. Buat rutinitas santai sebelum tidur, seperti mendengarkan buku audio, mandi air hangat, atau menulis jurnal.
  6. Hindari konsumsi kafein setidaknya lima jam sebelum waktu tidur yang Anda rencanakan.
  7. Berjemur di pagi hari selama 15-30 menit untuk meningkatkan ritme sirkadian.
  8. Jika semua upaya ini tidak membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional.

Tidur berkualitas merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan fisik. Dengan memperhatikan pola tidur yang baik, seseorang dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan mental ketika dihadapkan pada situasi stres dan tekanan. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!