Terkejut, Petani di Bekasi Ditagih Utang Bank Rp4 Miliar, Diduga Gegara Pemalsuan Data Identitas

2 minutes reading
Wednesday, 17 Jan 2024 09:34 0 37 Redaksi Alexa

BEKASI, AlexaPodcast.ID – Seorang petani bernama Kacung Supriatna (63) warga Kampung Cikarang RT 03 RW 02, Desa Jayamulya, Kecamatan Serangbaru, Kabupaten Bekasi, yang terkejut tiba-tiba didatangi penagih utang dari bank dan harus membayar tanggungan sebesar Rp4 miliar.

Polisi menindak lanjuti kasus dugaan pemalsuan dan data identitas tersebut.

Kasie Humas Polres Metro Bekasi AKP Ahmadi mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait kasus tersebut. Saat ini kasusnya dalam proses penyelidikan Satuan Reskrim Polres Metro Bekasi.

“Masalah kasus yang terkait petani itu saat ini secara intensif sudah ditangani oleh Satreskrim Polres Metro Bekasi,” kata Ahmadi dalam keterangannya. Rabu (17/1/2024).

Pihaknya sudah meminta keterangan dari korban serta mengumpulkan bukti-bukti yang menguatkan laporan korban.

“Tentunya kita melengkapi dulu setelah saksi-saksi, nanti baru kita akan lakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku,” ucap Akhmadi.

Terkait pelaku, kata Dia, dari keterangan korban sementara ini baru mengarah pada satu orang terduga pelaku berinisial G yang menggelapkan sertifikat tanah milik korban pada tahun 2000 silam.

Namun, lanjut Akhmadi, tidak menutup kemungkinan keterlibatan pelaku lainnya dalam memalsukan data pribadi korban untuk mendapatkan pinjaman dari Askrindo Indonesia.

“Kita lihat nanti hasil penyelidikannya seperti apa, kalau ada arah ke sana akan kita tindak lanjuti,” ungkapnya.

Ahmadi menjelaskan, laporan korban atas dasar dugaan pemalsuan identitas serta penggelapan sertifikat tanah milik korban, sehingga bisa berada dalam agunan dan tanggungan hutang hingga Rp 4 milyar.

“Untuk pasalnya itu ada pasal 263, pasal 264, pasal 266, pasal 273, dan pasal 284 KUHP, dengan ancaman hukuman empat tahun hingga delapan tahun,” tutupnya. (*lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!