Tanda-tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

2 minutes reading
Tuesday, 12 Sep 2023 05:27 0 75 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Kolesterol tinggi dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan, berpotensi meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer. Namun, karena tidak memiliki gejala yang khas, banyak orang tidak menyadari tingkat kolesterol tinggi dalam tubuh mereka. Di bawah ini, kami merangkum tanda-tanda kolesterol tinggi yang mungkin perlu Anda perhatikan, seperti dilaporkan pada Selasa (12/9/2023).

Nyeri Kaki
Jika Anda merasakan nyeri pada kaki, terutama setelah aktivitas fisik seperti berjalan atau menaiki tangga, hal ini dapat menjadi tanda kolesterol tinggi. Nyeri ini terjadi ketika arteri tersumbat oleh kolesterol, menghambat aliran darah ke kaki dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Kaki Dingin
Kadar kolesterol tinggi dapat membuat kaki terasa dingin, bahkan dalam cuaca panas. Normalnya, aliran darah akan menjaga kaki tetap hangat, tetapi jika arteri tersumbat oleh kolesterol dan lemak, aliran darah ke kaki terhambat, menyebabkan sensasi kaki yang dingin.

Luka Sulit Sembuh
Jika Anda sering mendapat luka kecil pada kaki dan luka-luka tersebut sulit sembuh, ini bisa menjadi indikasi adanya masalah sirkulasi darah yang disebabkan oleh tingkat kolesterol tinggi dalam tubuh.

Kram di Malam Hari
Kram yang terjadi di malam hari pada bagian seperti tumit, telapak kaki, atau jari-jari kaki juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Untuk mengurangi rasa nyerinya, Anda dapat mencoba membiarkan kedua kaki menggantung ke bawah agar gravitasi membantu aliran darah ke ujung-ujung kaki.

Perubahan Warna Kulit
Gangguan aliran darah juga dapat menyebabkan perubahan warna kulit pada kaki dan bagian kukunya. Hal ini terjadi karena sel-sel di kaki kekurangan oksigen dan nutrisi akibat aliran darah yang terhambat. Perubahan warna kulit bisa mencakup adanya endapan warna kekuningan di dekat bagian bawah kaki, serta perubahan bentuk atau ketebalan kuku.

Mengetahui tanda-tanda ini dapat membantu Anda mengidentifikasi potensi masalah kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala ini, segera konsultasikan dengan profesional medis untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Kesehatan kaki yang baik adalah bagian penting dari menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. (pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!