Susu Ibu Hamil, Sumber Manfaat Penting bagi Ibu dan Janin

4 minutes reading
Tuesday, 6 Jun 2023 04:34 0 98 Redaksi Alexa

Karawang, AlexaPodcast.ID — Manfaat susu ibu hamil tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil sendiri, tetapi juga oleh janin yang dikandungnya. Susu ibu hamil memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, terutama nutrisi yang esensial bagi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Menurut para ahli, ada beberapa jenis nutrisi yang diperlukan dalam jumlah lebih banyak selama kehamilan. Sebagai contoh, jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh wanita saat tidak hamil adalah 1.000 mg per hari, sementara ibu hamil memerlukan sebanyak 1.300 mg per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang meningkat ini, ibu hamil dapat mengonsumsi susu ibu hamil. Susu ini kaya akan protein, asam folat, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, serta mengoptimalkan pertumbuhan janin.

Berbagai Manfaat Susu Ibu Hamil untuk Ibu

Menurut Alodokter, berikut ini adalah beberapa manfaat susu ibu hamil bagi kesehatan ibu dan janin:

Mencegah anemia: Selama kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin. Kekurangan zat besi dan vitamin B12 (asam folat) dapat mengganggu produksi sel darah merah, menyebabkan anemia pada ibu hamil. Susu ibu hamil mengandung zat besi, asam folat, dan nutrisi penting lainnya untuk membantu pembentukan sel darah.

Menurunkan risiko hipertensi: Kalsium merupakan nutrisi penting dalam mencegah hipertensi selama kehamilan. Mengonsumsi susu ibu hamil yang kaya kalsium dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil, sehingga menurunkan risiko terjadinya hipertensi.

Mencegah preeklamsia: Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urine. Susu ibu hamil juga dapat membantu mencegah preeklamsia karena kandungan kalsiumnya. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidak mendapatkan cukup kalsium memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami preeklamsia.

Mencegah osteoporosis: Susu ibu hamil bermanfaat bagi kesehatan tulang ibu. Kalsium dalam susu dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang di kemudian hari.

Beragam Manfaat Susu Ibu Hamil untuk Janin

Selain manfaatnya bagi ibu hamil, susu ibu hamil juga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa manfaat susu ibu hamil untuk janin meliputi:

Menguatkan tulang: Konsumsi susu ibu hamil dapat mendukung pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat pada janin, berkat kandungan kalsium di dalamnya.

Mendukung perkembangan otak dan saraf: Susu ibu hamil yang mengandung asam folat dan asam lemak omega-3 dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin serta mencegah cacat lahir.

Membantu pertumbuhan ari-ari: Nutrisi dalam susu ibu hamil juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan ari-ari atau plasenta. Ari-ari berperan dalam menyalurkan nutrisi dan oksigen yang cukup dari ibu hamil ke janin.

Mencegah kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah: Asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan, termasuk melalui konsumsi susu ibu hamil, dapat membantu mencegah kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah pada janin.

Aturan Minum Susu Ibu Hamil

Agar dapat memanfaatkan susu ibu hamil secara optimal, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Pilih susu ibu hamil berbahan dasar susu sapi yang mengandung lebih banyak protein, zat besi, dan vitamin.
Jika alergi terhadap susu sapi, pilihlah susu nabati seperti susu kedelai, susu almond, atau susu gandum (oat milk).
Pilih susu ibu hamil yang telah melalui proses pemanasan (pasteurisasi) untuk menjaga keamanannya.
Jika memiliki ukuran janin yang terlalu besar, disarankan memilih susu skim atau susu tanpa lemak.
Hindari mengonsumsi susu terlalu dekat dengan waktu tidur jika menderita penyakit asam lambung, atau pilih susu rendah lemak.

Konsumsi susu ibu hamil sebanyak 1-2 gelas setiap harinya.
Meskipun susu ibu hamil memberikan banyak manfaat, perlu diingat bahwa susu ini tidak dapat menggantikan asupan nutrisi dari makanan. Ibu hamil tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin prenatal sesuai dengan anjuran dokter.

Dalam hal mengonsumsi suplemen zat besi, dianjurkan untuk memberi jeda minimal 2 jam antara konsumsi suplemen dan minum susu ibu hamil, karena kandungan kalsium dalam susu dapat mengurangi penyerapan zat besi dari suplemen.

Bagi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan anjuran yang tepat mengenai asupan nutrisi tambahan selama kehamilan.

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!