Sering Begadang Bisa kena Penyakit Asam Urat

2 minutes reading
Wednesday, 16 Aug 2023 10:14 0 95 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Asam urat, yang sering kali menyebabkan radang sendi, nyeri, dan bengkak, dapat menyerang siapa saja, dan pola tidur yang tidak sehat baru-baru ini dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit ini.

Berdasarkan hasil studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di UK Biobank dan diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research, perilaku tidur memiliki pengaruh terhadap risiko seseorang terkena penyakit asam urat.

Studi ini melibatkan 403.630 peserta tanpa riwayat asam urat pada awalnya dan berlangsung selama 12 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa sekitar 1,1 persen dari peserta studi, atau sekitar 4.270 orang, akhirnya terdiagnosis menderita sakit asam urat.

Para peneliti memeriksa lima perilaku tidur dalam studi ini: kronotipe, durasi tidur, insomnia, mendengkur, dan ngantuk di siang hari. Tidur peserta kemudian diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yakni tidur yang buruk (skor 0-3) dan tidur yang sehat (skor 4-5).

Hasil studi menunjukkan bahwa peserta yang memiliki pola tidur yang lebih sehat memiliki risiko lebih rendah terkena asam urat dibandingkan dengan mereka yang memiliki pola tidur yang buruk. Lebih khususnya, peserta dengan pola tidur sehat mengalami penurunan risiko serangan asam urat sebanyak 21 persen.

Menariknya, studi ini juga meneliti kaitan antara risiko genetik terkait asam urat dengan pola tidur yang sehat, dan hasilnya pun tetap konsisten.

Bahkan bagi mereka yang memiliki riwayat asam urat dalam keluarga, pola tidur yang sehat mampu menurunkan risiko terkena penyakit ini.

Para peneliti menjelaskan bahwa secara umum, pola tidur yang sehat melibatkan tidur selama 7-9 jam per hari pada waktu tidur yang tepat, jarang atau tidak mengalami insomnia, tidak mendengkur, dan tidak mengantuk di siang hari.

Menerapkan pola tidur seperti ini secara signifikan dapat mengurangi risiko terkena penyakit asam urat. (pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!