Sengketa Lahan Ancam Pendidikan: Gedung Sekolah di SDN Segaran 2 Mangkrak Tanpa Solusi Jelas

2 minutes reading
Wednesday, 27 Mar 2024 08:16 0 1479 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Di tengah kebutuhan akan pendidikan yang semakin meningkat, gedung sekolah di SDN Segaran 2, Kecamatan Batujaya, Karawang, diduga terbengkalai akibat sengketa lahan antara pihak sekolah dan ahli waris.

Meskipun telah berdiri kokoh, gedung tersebut kini terlihat terbengkalai dan terlantar karena proses pemulihan terhambat oleh sengketa lahan.

Menurut sumber terpercaya, sengketa ini bermula dari klaim ahli waris yang mengaku memiliki hak atas sebagian lahan tempat berdirinya gedung sekolah. Meskipun telah dilakukan upaya negosiasi, namun belum ada kesepakatan yang dapat dicapai.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Cecep Mulyawan, menyarankan untuk langsung mengkonfirmasi kepada pengurus aset Disdikpora terkait masalah ini. Rabu (27/3/2024).

Sunu Adiwijaya, Staf Disdikpora Karawang bagian asset, menjelaskan bahwa gedung tersebut bukan termasuk aset pemerintah dan sengketa tersebut harus diselesaikan melalui prosedur hukum.

“Ketika dari pihak ahli waris datang, kita langsung mengecek bahwa itu termasuk aset kita bukan. Kebetulan SDN Segaran 2 itu, tidak termasuk aset kita, dan juga tidak tercatat sebagai aset pemerintah” kata Sunu.

Pihak ahli waris dan instansi terkait, telah duduk bersama untuk mencari solusi dan sepakat di bayar dan di anggarkan. Namun proses tersebut terpending.

“Kami sudah berkonsultasi ke kejaksaan bahwa terkait hal ini jangan di cairkan melalui dinas, lebih baik melalui prosedur gugatan,” jelas Sunu.

Tokoh masyarakat dan sejumlah pihak mendesak pemerintah setempat untuk turut campur dalam penyelesaian sengketa ini demi pemulihan gedung sekolah tersebut agar anak-anak di sekitar dapat kembali menikmati akses pendidikan yang layak.

Pemerintah setempat diharapkan dapat memediasi dan mencari solusi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Upaya-upaya persuasif dan diplomatis diharapkan dapat memecahkan deadlock yang terjadi.

Situasi terbengkalainya gedung sekolah SDN Segaran 2, akibat sengketa lahan menjadi perhatian serius bagi seluruh masyarakat.

Pemulihan dan penyelesaian sengketa yang cepat dan adil menjadi kunci untuk memastikan pendidikan anak-anak tetap terjamin. Diharapkan, langkah-langkah konkret segera diambil demi kepentingan bersama. (Lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!