Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

2 minutes reading
Wednesday, 31 May 2023 07:30 0 92 Redaksi Alexa

Hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni di Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi nasional Indonesia yang diresmikan pada tanggal 1 Juni 1945. Sejarah hari lahir Pancasila berawal dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, terdapat perbedaan pandangan mengenai dasar negara yang akan diadopsi. Ada kelompok yang mendukung dasar negara berdasarkan ajaran Islam, sedangkan kelompok lainnya lebih condong ke arah negara berdasarkan ideologi sosialis. Perbedaan pandangan ini menjadi perdebatan sengit di dalam Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada tahun 1945.

Pada tanggal 1 Juni 1945, dalam sidang BPUPKI yang dipimpin oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat, muncul usulan untuk mengadopsi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila, yang artinya “lima prinsip”, dirumuskan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta sebagai landasan filosofis dan ideologis bangsa Indonesia.

Kelima prinsip Pancasila tersebut adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengakui adanya Tuhan yang berkekuatan mutlak sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menghargai harkat dan martabat setiap individu sebagai manusia yang memiliki hak dan kewajiban.

3. Persatuan Indonesia: Mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam kebhinekaan budaya, suku, agama, dan ras.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Menegakkan demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang mewakili kehendak rakyat.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Mewujudkan keadilan sosial dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Usulan tersebut mendapat dukungan luas dari anggota BPUPKI dan akhirnya disahkan sebagai dasar negara Indonesia yang dijelaskan dalam Pembukaan UUD 1945. Peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan pengakuan atas pentingnya Pancasila sebagai pijakan ideologi dan nilai-nilai dasar dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

Hari lahir Pancasila menjadi momen untuk merenungkan dan memperkokoh semangat kebhinekaan serta mengingat kembali pentingnya Pancasila sebagai landasan persatuan dan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!