Pewarna Makanan dari Serangga Cochineal Dinyatakan Halal oleh MUI

2 minutes reading
Thursday, 28 Sep 2023 04:52 0 82 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Dewan Riset dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengumumkan bahwa pewarna makanan yang berasal dari serangga Cochineal telah dinyatakan halal untuk digunakan. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh.

Niam menjelaskan, “Karena pada hakikatnya dia halal dan tidak membahayakan,” dalam keterangannya di Jakarta, seperti yang dilaporkan oleh Antara pada Kamis (28/9). Sebelum keputusan ini diambil, MUI telah melakukan kajian panjang sejak tahun 2011 terkait penggunaan pewarna makanan dari serangga Cochineal.

Kajian ini melibatkan sejumlah ahli, termasuk salah satunya dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Niam menambahkan, “Berdasarkan informasi ahli yang memang secara khusus melakukan penelitian mengenai serangga menjelaskan sifat-sifat Cochineal dan mendekati al jarot.”

MUI memutuskan bahwa serangga Cochineal dapat digunakan sebagai pewarna makanan, obat-obatan, kosmetika, dan produk lainnya. Namun, Niam menegaskan bahwa penggunaannya harus melalui proses pemeriksaan yang tepat.

Abdul Muiz Ali, Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI, mengingatkan bahwa penetapan kehalalan produk adalah kewenangan MUI sesuai dengan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 dan peraturan turunannya. Ia menjelaskan, “Fatwa MUI tersebut dikeluarkan secara independen dan sesuai dengan pedoman penetapan fatwa MUI termasuk di antaranya didahului dengan kajian-kajian yang melibatkan para pakar di bidangnya.”

Dalam konteks ini, MUI telah melakukan kajian mendalam dari segi ilmu pengetahuan (sains) maupun fikih. Ali menambahkan, “Secara jama’i (kolektif) fatwa disepakati hasil sebagaimana termaktub dalam fatwa MUI.”

Ia juga mengingatkan bahwa dalam isu-isu seperti ini, perbedaan hasil ijtihad (penafsiran hukum Islam) adalah hal yang wajar dan dapat terjadi, bahkan jika merujuk pada sumber-sumber mu’tamad (terpercaya) dari mazhab-mazhab fikih. (jawapos)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!