Perpanjangan SIM Cukup Dilakukan di Rumah, Begini Caranya

2 minutes reading
Tuesday, 21 Nov 2023 04:30 0 86 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen penting yang harus selalu dibawa saat berkendara.

Perpanjangan SIM, yang sebelumnya dilakukan melalui layanan SIM keliling dan SIM corner, kini dapat diakses secara online melalui inovasi terbaru Korps Lalu Lintas (Korlantas) POLRI yang diberi nama SIM Nasional Presisi (SINAR).

Pemohon perpanjangan SIM diharapkan untuk mempersiapkan beberapa berkas sebelum memulai proses secara online. Persiapan meliputi pas foto dengan latar belakang biru untuk foto SIM baru, KTP Elektronik, foto SIM lama yang masih aktif, tanda tangan di atas kertas putih, serta hasil tes kesehatan dan tes psikologi melalui situs erikkes.id dan app.eppsi.id.

Langkah-langkah perpanjangan SIM online dimulai dengan mengunduh aplikasi Digital Korlantas POLRI, lalu melakukan registrasi dengan nomor telepon untuk menerima kode verifikasi OTP melalui SMS.

Setelah pembuatan PIN, pemohon mengisi data alamat email, NIK, dan nama lengkap sesuai KTP. Email digunakan untuk konfirmasi dan aktivasi akun pada layanan SINAR.

Proses berlanjut dengan pemohon melakukan foto liveness untuk verifikasi KTP Elektronik, kemudian memilih menu Perpanjangan SIM. Berkas pendukung yang sudah disiapkan dimasukkan, dan pemohon memilih SATPAS (Satuan Pelayanan SIM) yang akan menerbitkan SIM, serta mengisi rekening pengembalian dana.

Pemohon dapat memilih metode pengambilan SIM, baik di kantor SATPAS terdekat atau pengiriman langsung ke rumah dengan mengisi alamat tempat tinggal. Pembayaran dilakukan melalui nomor virtual account yang diterbitkan oleh Bank BNI.

Setelah pembayaran terkonfirmasi, pemohon tinggal menunggu SIM dikirim langsung ke alamat rumah. SINAR memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perpanjangan SIM tanpa harus datang ke kantor secara fisik. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!