Pentingnya Sarapan Nutritif untuk Kesehatan Mata

2 minutes reading
Monday, 20 Nov 2023 06:28 0 98 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Sarapan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata dan kesejahteraan secara keseluruhan saat memulai aktivitas sehari.

Pakar kesehatan mata menyarankan untuk memilih menu sarapan yang kaya nutrisi, terutama untuk mendukung kesehatan indra penglihatan.

Menurut Dr. Jennifer Tsai, dokter mata bersertifikat dan pendiri Line of Sight di New York, nutrisi memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan mata.

Selain pemeriksaan mata rutin, asupan nutrisi seperti telur dadar, bayam, tomat, dan salmon dapat membantu melindungi retina, menjaga kesehatan macula, dan mencegah masalah seperti mata kering.

Berikut adalah alasan dan manfaat memilih menu sarapan yang dianjurkan untuk kesehatan mata:

  1. Kandungan Vitamin untuk Melindungi Mata:

Makanan kaya vitamin A seperti telur, bayam, dan salmon membantu menjaga kornea dan berperan dalam produksi rhodopsin, enzim yang peka terhadap cahaya di retina.
Vitamin C dari bayam dan tomat dapat mengurangi risiko katarak dan memperlambat masalah penglihatan karena penuaan.

  1. Antioksidan Penting:

Telur dadar mengandung senyawa antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan.

Lutein dan zeaxanthin dalam kuning telur dan bayam adalah antioksidan yang melindungi makula, meningkatkan ketajaman penglihatan, dan mengurangi risiko masalah mata terkait usia.

  1. Kandungan Lemak Sehat:

Asam lemak omega-3 dari ikan salmon dan telur mendukung kesehatan mata dengan meningkatkan pandangan dan fungsi retina.
Omega-3 juga membantu mengurangi peradangan mata, meningkatkan produksi air mata, dan mendukung lapisan luar mata yang berminyak.

Dengan memilih menu sarapan yang seimbang dan kaya nutrisi, dapat memberikan dukungan optimal untuk kesehatan mata dan mencegah berbagai masalah penglihatan. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!