Penelitian Ungkap Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan

2 minutes reading
Tuesday, 27 Jun 2023 04:22 0 76 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap manfaat mengunyah permen karet yang dapat membantu mengurangi stres. Tindakan mengunyah dikaitkan dengan penurunan tingkat hormon stres, seperti kortisol.

Untuk mendapatkan manfaat ini, disarankan untuk memilih permen karet bebas gula. Permen karet bebas gula mengandung kurang dari 5 kalori, sedangkan permen karet biasa mengandung sekitar 10 kalori.

Selain kenikmatan sensasi kenyal saat mengunyah, terdapat beragam manfaat mengunyah permen karet. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengunyah permen karet, seperti dikutip dari berbagai sumber:

  1. Mencegah Asam Lambung Naik:
    Penelitian yang dilakukan oleh Rebecca Moazzez dari Kings College di London menunjukkan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan makanan berlemak tinggi dapat mengurangi kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan.
    Mengunyah permen karet diyakini dapat meningkatkan produksi air liur yang membantu menetralkan keasaman di dalam lambung dan membuat kita lebih sering menelan. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua permen karet memberikan manfaat yang sama.
  2. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Ingatan:
    Studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Penelitian ini melibatkan mahasiswa, dan hasilnya menunjukkan penurunan hormon stres kortisol.
    Studi juga menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan fungsi otak. Ketika mengunyah, aliran darah ke otak meningkat, meningkatkan kinerjanya.

Otak lebih mampu mengingat informasi saat kita mengunyah permen karet, sehingga disarankan untuk mengunyah saat belajar atau ingin mengingat sesuatu.

  1. Menyegarkan Nafas:
    Salah satu manfaat mengunyah permen karet adalah menyegarkan nafas. Untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan memilih permen karet tanpa gula berlebih, karena dapat berdampak buruk pada gigi.
    Pilihlah permen karet yang mengandung bahan xylitol. Permen karet ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan kerusakan gigi. Mengunyah permen karet setelah makan juga meningkatkan produksi air liur.

Peningkatan ini membantu membersihkan mulut dengan menjaga ketersediaan air liur. Air liur membantu mencuci gula dan sisa makanan yang menjadi makanan bagi bakteri di mulut.

  1. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Gusi:
    Menurut Asosiasi Dokter Gigi Amerika, mengunyah permen karet efektif melawan plak dan memperkuat lapisan pelindung gigi (enamel). Mengunyah permen karet merangsang produksi air liur yang membersihkan gula, asam, dan partikel makanan lainnya yang terperangkap di mulut.
    Dengan mengunyah permen karet secara teratur, gigi akan lebih sehat dan risiko kerusakan gigi akan berkurang.
  2. Membantu Berhenti Merokok:
    Berhenti merokok adalah tantangan yang sulit. Namun, mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu upaya yang membantu. Mengunyah permen karet membuat mulut sibuk dan mengurangi keinginan untuk merokok.
Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!