Panglima TNI dan Pejabat Tinggi Negara Serukan Deklarasi Damai Pemilu 2024

2 minutes reading
Tuesday, 12 Sep 2023 09:42 0 86 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Puncak perayaan HUT ke-12 Kompas TV tahun 2023 menjadi momentum penting ketika Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M, bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, S.H., Dirut Kompas Gramedia Lilik Oetama, Ketua DKPP Heddy Lugito, dan Dirut Kompas TV Ricard Bagun Andi Budiman, bersama-sama menghadiri acara tersebut.

Mereka menyuarakan Deklarasi Damai untuk Pemilu 2024, mengambil tempat di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat pada Senin (11/9/2023).

Wakil Presiden KH Maruf Amin, dalam sambutannya, memberikan pesan kepada Kompas TV agar tetap menjadi sumber berita yang independen, tepercaya, sehat, kritis, dan berimbang sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Dalam konteks ini, televisi swasta nasional seperti Kompas TV memiliki peran signifikan dalam menyiarkan berita dan informasi terkait Pemilu, sambil mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi,” kata Wakil Presiden.

KH Maruf Amin juga menekankan pentingnya menjaga independensi dan netralitas selama Pemilu 2024. Menurutnya, kemudahan dan transparansi akses informasi menjadi unsur penting dalam menentukan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu yang jujur, damai, dan demokratis.

“Media harus beroperasi dengan penuh keseimbangan, meliput kedua sisi, dan patuh pada peraturan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Bawaslu, serta perundangan lainnya,” tambahnya.

Pers juga memiliki peran penting dalam memenuhi hak publik atas informasi, terutama bagi warga yang tinggal di daerah pedalaman, perbatasan, termasuk Papua. Media harus memberikan informasi yang memberdayakan dan memberikan cahaya terhadap permasalahan yang ada.

Malam puncak perayaan HUT Kompas TV ke-12 ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, Menparekraf Sandiaga Uno, Menhub Budi Karya Sumadi, serta Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Anies Baswedan. Acara ini menjadi tonggak sejarah dalam mendukung Pemilu yang aman dan demokratis di Indonesia. (pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!