Olahraga Ini Bisa Berbahaya Bagi Penderita Obesitas

2 minutes reading
Friday, 13 Oct 2023 09:53 0 139 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI), dr. Aldico Juniarto Sapardan, Sp.OT, memberikan saran agar penderita obesitas menghindari berlari sebagai olahraga harian. Ini dikarenakan berlari memiliki potensi untuk memberatkan kinerja sendi dan otot bagian bawah tubuh.

Dr. Aldico menyarankan agar para penderita obesitas memilih kegiatan olahraga yang lebih ringan seperti berjalan kaki, sehingga tubuh mereka dapat kembali ke kondisi ideal. Dia mengatakan, “Jadi kalau untuk penderita obesitas, lebih baik memilih olahraga kardio seperti senam atau berjalan kaki. Apabila ingin sekali berlari, ada baiknya diturunkan dulu berat badannya lewat olahraga kardio baru nanti berlari.”

Dr. Aldico menjelaskan bahwa selama berolahraga lari, bagian tubuh bawah mengalami tekanan lebih besar dibandingkan saat berjalan dalam kondisi normal. Selama berlari, seseorang menempatkan tekanan yang setara dengan enam kali lipat berat badan pada bagian tubuh bawah saat kaki berpijak.

Bahkan, bagi individu dengan berat badan yang normal, teknik lari yang salah masih dapat menyebabkan masalah seperti ankle sprain atau keseleo. Oleh karena itu, jika seseorang dengan berat badan berlebih terlibat dalam aktivitas berlari, risiko cedera hingga masalah sendi di bagian kaki akan lebih tinggi.

Sebagai alternatif, Kementerian Kesehatan menyarankan penderita obesitas untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik seperti berjalan kaki minimal 10.000 langkah per hari atau bersepeda minimal 30 menit sehari.

Penderita obesitas juga dapat melakukan senam pernapasan dengan frekuensi 3-5 kali seminggu, dengan durasi minimal 40 menit. Ini adalah bagian dari prinsip latihan yang Baik, Benar, Teratur, dan Terukur (BBTT) untuk menciptakan konsistensi dalam berolahraga, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran. (jawapos)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!