Nyeri di Pergelangan Tangan Penyebab dan Penanganan

2 minutes reading
Tuesday, 31 Oct 2023 05:02 0 169 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Nyeri di pergelangan tangan dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri ini dapat terjadi di sisi kelingking atau jempol, seringkali disertai bengkak atau tonjolan tulang di pergelangan tangan.

Gejala nyeri ini sering muncul saat melakukan gerakan seperti memutar pergelangan tangan ke arah luar, menggenggam, atau mendorong benda. Nyeri di pergelangan tangan ini biasanya disebabkan oleh cedera pada struktur yang mendukung pergelangan tangan.

Struktur penting yang berada di pergelangan tangan adalah Triangular Fibro Cartilage Complex (TFCC), yang membantu dalam banyak gerakan, terutama saat memutar pergelangan tangan dan membengkokkan pergelangan tangan ke arah kelingking atau yang disebut ulnar deviasi.

Cedera pergelangan tangan atau cedera TFCC dapat terjadi akibat berbagai faktor, seperti proses degenerasi karena penuaan atau aktivitas yang membebani pergelangan tangan.

Misalnya, saat membawa benda berat dan terjatuh, atau saat melakukan gerakan maksimal dalam olahraga seperti badminton.

Untuk mendiagnosis cedera TFCC, dokter spesialis ortopedi yang berpengalaman akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat aktivitas pasien.

Pemeriksaan radiologi seperti rontgen atau MRI mungkin diperlukan untuk melihat perubahan posisi pada struktur tulang dan mengidentifikasi kerusakan pada TFCC.

Pengobatan cedera TFCC dapat mencakup tindakan non-operasi seperti mengurangi aktivitas fisik dan pemberian obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS).

Pemasangan gips (casting) selama beberapa minggu dan fisioterapi juga dapat direkomendasikan. Namun, jika nyeri berlanjut, tindakan bedah melalui artroskopi pergelangan tangan dapat menjadi pilihan.

Artroskopi adalah tindakan bedah minimal invasif yang membantu mengatasi nyeri dan meminimalisir komplikasi pascaoperasi.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi yang berpengalaman untuk mendapatkan diagnosis dan rencana pengobatan yang sesuai dengan kondisi pergelangan tangan Anda. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!