Muhammadiyah Gelar Shalat Idul Adha Besok, Ini Pernyataan Pimpinan Wilayah Jabar

2 minutes reading
Tuesday, 27 Jun 2023 11:40 0 384 Redaksi Alexa

BANDUNG, AlexaPodcast.ID – Muhammadiyah akan melaksanakan hari raya Idul Adha pada Rabu 28 Juni 2023. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat memastikan, pelaksana Salat Idul Adha, akan dilaksanakan Rabu 28 Juni 2023. Ratusan lokasi telah disiapkan untuk pelaksanaan Salat Idul Adha bagi masyarakat yang melaksanakannya besok.

“Insya Allah besok kami melaksanakan Salat Idul Adha, sebagaimana yang telah ditetapkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah jauh-jauh hari,” kata Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, Iu Rusliana di Bandung, Selasa 27 Juni 2023.

Menurut dia, di setiap kota/kabupaten di Jawa Barat telah bersiap menggelar Salat Idul Adha. Pelaksanaan Salat Id mayoritas dilakukan di lapangan sekolah, masjid, kampus, milik Muhammadiyah. Bagi masyarakat yang akan melaksanakan salat besok, bisa mengecek alamat salat di website resmi Muhammadiyah.

Di Kota Bandung misalnya, terdapat 26 titik pelaksanaan Salat Idul Adha. Di antaranya di Kampus Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB), lapangan Masjid Mujahidin, Kompleks Muhammadiyah Bandung, dan lainnya.

“Mari kita hormat perbedaan ini. Idul Adha sangat adem. Terima kasih sangat senang kepada masyarakat karena umat semakin dewasa. Terbiasa dengan perbedaan. Apa yang dipahami dan diyakini Muhammadiyah tentu itu berdasarkan kaedah keilmuan kami. Kami tetap hormati keputusan pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Rabu Kliwon, 28 Juni 2023.

Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tarjdid PP Muhammadiyah.

Hal ini tertuang dalam maklumat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2023 yang ditanda tangani oleh Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir beserta Sekretarisnya, Mohammad Sayuti pada 21 Januari 2023 lalu di Yogyakarta tentang penetapan hasil hisab ramadan, Syawal dan Zulhijah 1444H. (***)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!