Misteri Nonaktifnya Beberapa PPK di Karawang, Dugaan Keterlibatan Caleg Membuat Gelombang Keresahan

2 minutes reading
Tuesday, 5 Mar 2024 08:46 0 1265 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah Pakisjaya, Lemahabang, dan Cikampek dinyatakan dinonaktifkan oleh KPU Karawang terkait dugaan penggelembungan suara dalam pemilu 2024.

Penonaktifan ini menimbulkan pertanyaan besar di kalangan masyarakat mengenai aktor di balik kejadian tersebut.

“Dalam laporan yang disampaikan, dugaan penggelembungan suara tersebut menjadi perhatian serius terkait integritas dan keadilan dalam proses demokrasi,” ungkap Imron Rosadi, aktivis juga Direktur KMG. Selasa (5/3/2024).

Masyarakat dan sejumlah aktivis Karawang mempertanyakan siapa yang bertanggung jawab atas kejadian ini, dengan dugaan keterlibatan calon legislatif (caleg) di balik layar sebagai salah satu asumsi yang mencuat.

“Sementara belum ada bukti konkret yang menunjukkan keterlibatan caleg, banyak pihak menyoroti adanya motif politik sebagai pemicu utama di balik peristiwa ini,” ungkap Imron Rosadi.

Ia menekankan pentingnya menjaga integritas dan keadilan dalam proses demokrasi serta memberikan sanksi tegas bagi siapapun yang terbukti terlibat dalam praktik-praktik yang merusak proses pemilihan umum.

“Dugaan keterlibatan calon legislatif di balik layar dalam kasus penggelembungan suara menambah kompleksitas dan ketegangan dalam dinamika politik pasca-pemilihan umum,” lanjut Imron.

Dalam merespons kekhawatiran ini, beberapa elemen masyarakat dan aktivis mendesak KPU Karawang untuk melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap dugaan keterlibatan caleg dalam kasus penggelembungan suara ini.

“Persoalannya sudah tampak terang menderang, penyelenggara pemilu ini akan ditantang oleh masyarakat, agar kekhawatiran masyarakat terjawab. Persoalannya sederhana, mau gak APH menindaklanjuti persoalan ini,” ucap Imron.

Masyarakat menuntut transparansi dan akuntabilitas dari pihak berwenang serta memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan. (lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!