Mengenal Hepatitis B dan Cara Mengobatinya

2 minutes reading
Tuesday, 16 May 2023 07:25 0 92 admin

Karawang, AlexaPodcast.ID — Hepatitis B adalah infeksi virus yang menyebabkan peradangan pada hati. Virus hepatitis B (HBV) menyebar melalui kontak dengan darah, air liur, atau cairan tubuh lainnya dari seseorang yang terinfeksi.

Infeksi HBV dapat akut atau kronis. Hepatitis B kronis dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius, seperti sirosis atau kanker hati.

Tidak ada obat untuk hepatitis B kronis, namun ada beberapa obat yang dapat membantu mengendalikan virus dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada hati. Obat-obatan ini meliputi interferon dan obat antivirus oral seperti tenofovir dan entecavir.

Untuk hepatitis B akut, pengobatan biasanya tidak diperlukan karena infeksi biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan. Namun, untuk mengurangi gejala, dokter dapat merekomendasikan istirahat dan asupan cairan yang cukup. Selain itu, vaksin hepatitis B adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi virus hepatitis B. Vaksinasi direkomendasikan untuk orang yang berisiko tinggi, seperti tenaga medis, orang yang sering melakukan hubungan seks tanpa kondom, atau orang yang menggunakan jarum suntik bersama dengan orang lain.

Hepatitis B kronis saat ini belum bisa disembuhkan, namun pengobatan yang tepat dapat membantu mengendalikan virus dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada hati. Tujuan utama pengobatan hepatitis B kronis adalah untuk menekan virus HBV dalam tubuh dan mencegah perkembangan komplikasi seperti sirosis atau kanker hati.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati hepatitis B kronis:

Obat antivirus oral: Ada beberapa jenis obat antivirus oral yang efektif untuk mengendalikan infeksi hepatitis B kronis, seperti tenofovir, entecavir, adefovir, dan lamivudine. Obat-obatan ini membantu menghambat aktivitas virus HBV dan mencegah perkembangan komplikasi.

Interferon: Interferon adalah obat yang diberikan melalui suntikan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus HBV. Namun, obat ini memiliki efek samping yang signifikan dan tidak diberikan pada semua pasien dengan hepatitis B kronis.

Pencegahan kerusakan hati: Mencegah kerusakan hati lebih lanjut sangat penting untuk pasien dengan hepatitis B kronis. Hal ini dapat dilakukan dengan menghindari alkohol, obat-obatan yang merusak hati, dan menjaga berat badan sehat.

Vaksinasi: Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi virus hepatitis B. Vaksin hepatitis B direkomendasikan untuk orang yang berisiko tinggi, seperti tenaga medis, orang yang sering melakukan hubungan seks tanpa kondom, atau orang yang menggunakan jarum suntik bersama dengan orang lain.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk hepatitis B kronis. Pengobatan yang tepat dapat membantu mengendalikan infeksi dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada hati. (Ega Nugraha)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!