Manfaat Luar Biasa Daun Mangga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2 minutes reading
Tuesday, 5 Sep 2023 05:56 0 91 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Selain buahnya yang lezat, daun mangga ternyata juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang sering kali tidak diketahui oleh banyak orang. Daun mangga mengandung vitamin C, B, dan A serta nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak hanya itu, daun ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat, berkat kandungan flavonoid dan polifenolnya yang tinggi.

Untuk mengambil manfaat maksimal dari daun mangga, Anda dapat mengeringkannya dan menggilingnya menjadi bubuk atau menggunakannya sebagai infus. Alternatif lainnya, Anda bisa merendam daun mangga dalam segelas air semalaman dan minum cairannya di pagi hari.

Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa dari daun mangga untuk kesehatan, seperti yang dilansir dari laman Style Craze pada Selasa (5/9/2023):

  1. Mengobati Diabetes: Daun mangga ternyata sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit diabetes. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun mangga yang lembut mengandung fitokimia yang dapat membantu mengobati diabetes.

Selain itu, daun ini juga bisa membantu meredakan gejala angiopati diabetik dan retinopati diabetik. Cukup dengan merendam daunnya dalam segelas air semalaman, kemudian saring dan minum air tersebut untuk membantu mengurangi gejala diabetes.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi: Sifat anti-hipertensi dari daun mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Daun ini juga membantu memperkuat pembuluh darah dan dapat mengatasi masalah varises.
  2. Mengatasi Kegelisahan: Mangiferin, sejenis fitokimia yang terdapat dalam daun mangga, memiliki sifat anti-kecemasan yang dapat meredakan kegelisahan yang sering dialami orang karena kecemasan. Menambahkan dua hingga tiga gelas teh daun mangga ke dalam air mandi juga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman dan memberikan kesegaran.
  3. Mengobati Batu Ginjal dan Batu Empedu: Daun mangga dapat membantu dalam pengobatan batu ginjal dan batu empedu. Mengonsumsi bubuk daun mangga yang telah dihaluskan dan dikeringkan di tempat teduh, serta merendamnya dalam air semalaman, dapat membantu memecahkan dan mengeluarkan batu-batu tersebut.
  4. Mengatasi Gangguan Pernapasan: Daun mangga juga sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah pernapasan, seperti pilek, bronkitis, dan asma. Merebus daun mangga dalam air dengan sedikit tambahan madu dapat membantu mengatasi batuk secara efektif. Selain itu, juga membantu dalam penyembuhan gangguan suara. (pmj)
Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!