Mahasiswa KKN UBP Karawang Ikut Kampanyekan Penanggulangan Hama Tikus di Desa Sarijaya

2 minutes reading
Wednesday, 12 Jul 2023 12:50 0 98 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Dalam upaya kolaboratif dengan berbagai pihak terkait, mahasiswa KKN UBP Karawang telah berhasil melaksanakan kampanye penanggulangan hama tikus pada musim Gadu yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2023.

Inisiatif ini bekerja sama dengan UPTD Pengelolaan Pertanian, PPL, POPT, PPS, serta Ketua Kelompok Tani Tirta Subur, Tirta Saluyu, dan Tirta Sawargi. Fokus kampanye ini adalah memberantas wabah tikus yang meresahkan di Dusun Pasir Konci, Desa Sarijaya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang.

Tikus sawah telah lama menjadi masalah serius bagi petani setempat, yang menyebabkan kerugian yang signifikan pada hasil panen mereka.

Tikus sering berkembang biak dengan cepat di semak-semak yang berada di sawah maupun di pinggir irigasi. Oleh karena itu, langkah-langkah penanggulangan hama tikus menjadi sangat penting.

Dalam kampanye ini, kelompok tani menggunakan metode pengemposan dengan menggunakan alat emposan atau foging. Petani menggunakan bahan-bahan seperti padi kering, belerang, dan solar.

Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam alat emposan dan kemudian dibakar. Setelah itu, alat emposan dimasukkan ke dalam lubang-lubang tanah yang ada di pinggir sawah maupun pinggir irigasi. Dengan metode pengemposan ini, tikus akan keluar atau mati di dalam lubang tanah tersebut.

Penanggulangan serangan hama tikus dilakukan oleh kelompok petani sebelum masa tanam padi dimulai. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah tikus di sekitar lahan pertanian dan mengurangi kerugian yang ditimbulkan oleh hama tikus pada tanaman padi.

Dengan adanya kampanye penanggulangan hama tikus ini, diharapkan petani di Desa Sarijaya dapat mengurangi kerugian yang disebabkan oleh serangan hama tikus dan meningkatkan hasil panen padi mereka. (Ega Nugraha)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!