Mahasiswa KKN UBP Karawang Dukung Inovasi Alat Pembakar Sampah Satgas Citarum Harum Sektor 19 di Telukmungkal

2 minutes reading
Tuesday, 1 Aug 2023 06:24 0 75 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Mahasiswa KKN UBP (Universitas Buana Perjuangan) Karawang dukung Satgas Citarum Harum Sektor 19 dalam hal inovasi alat pembakar sampah plastik yang menghasilkan briket.

Dalam hal ini, Satgas Citarum Harum, berinovasi membuat alat pengurai sampah yang sulit diuraikan secara alami dan tidak memiliki nilai ekonomis. Ini dilakukan sebagai langkah mengurangi pencemaran lingkungan.

Salah satunya dilakukan di Dusun Telukmungkal Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Karawang. Dan ini, bersinergi dengan program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UBP Karawang.

“Dalam kegiatan KKN di Kelurahan Tanjungmekar ini kami berupaya merealisasikan salah satu program SDGs desa yaitu ‘Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan’. Inovasi alat pembakar sampah plastik yang menghasilkan briket dari Satgas Citarum Harum Sektor 19 ini sebagai alat yang dapat meminimalisir terjadinya pencemaran lingkungan,” ujar Ketua KKN UBP Karawang di Tanjungmekar, Damar, Selasa 1 Agustus 2023.

Dikatakan dia, alat tersebut sangat efektif karena sampah yang setiap hari terproduksi dan semakin menumpuk dari rumah tangga yang tidak dapat terurai secara alami dan tidak dapat didaur ulang, bisa jadi pembakar sampah plastik yang menghasilkan briket.

Inovasi Satgas Citarum Harum Sektor 19 di bawah pimpinan Komandan Sektor, Kolonel Kav R Ahmad Hudiono membuat alat pembakar sampah plastik yang menghasilkan briket.

Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. (M. Karya)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!