Lima Bahaya Kafein Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

2 minutes reading
Wednesday, 26 Jul 2023 11:25 0 94 Redaksi Alexa

Kafein, stimulan alami yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia, memiliki manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam batas normal. Namun, perlu diwaspadai bahwa konsumsi kafein yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

Kepala Ahli Gizi di Dr Vegan, Shona Wilkinson, memperingatkan bahwa makanan dan minuman lain juga mengandung kafein dan dapat memberi pengaruh pada tubuh. Bahkan, varietas kopi tanpa kafein tetap mengandung sedikit kafein, sehingga bagi orang yang sangat sensitif atau alergi terhadap kafein, perlu menghindari opsi tersebut.

Berikut adalah beberapa bahaya kafein jika dikonsumsi secara berlebihan:

  1. Sulit Tidur: Kafein adalah stimulan yang dapat mengganggu waktu tidur. Hal ini membuat otak tetap terjaga ketika tubuh seharusnya beristirahat. Kafein juga dapat memengaruhi kualitas tidur, menyebabkan rasa lelah dan gelisah saat terbangun. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jam konsumsi kafein agar tidur tidak terganggu.
  2. Picu Kecemasan dan Kegelisahan: Kafein memengaruhi sistem saraf pusat dan keseimbangan neurotransmiter di otak, sehingga dapat menyebabkan perasaan cemas dan gelisah. Bagi orang yang cenderung mengalami masalah cemas dan gelisah, kafein bisa memperburuk perasaan tersebut karena efeknya yang merangsang otak.
  3. Otot Gemetar dan Berkedut: Dosis kafein yang sangat tinggi dapat menyebabkan tremor otot dan kedutan, terutama di tangan dan kelopak mata. Namun, kedutan juga bisa terjadi di bagian tubuh lainnya.
  4. Masalah Perut: Kafein memiliki efek pencahar ringan, yang bisa menyebabkan kram perut atau rasa tidak nyaman. Selain itu, kafein dapat meningkatkan produksi asam di perut, menyebabkan gejala buruk seperti refluk asam atau mulas.
  5. Pengaruh pada Suasana Hati: Kafein juga dapat memengaruhi suasana hati, menyebabkan perubahan mood dan mudah rewel. Karena mempengaruhi sistem saraf pusat, kafein dapat meningkatkan pelepasan neurotransmiter rangsang seperti dopamin, yang memberikan dorongan awal sebelum menyebabkan perubahan suasana hati ketika efek kafein berakhir.

Penting untuk mengonsumsi kafein dengan bijaksana dan tidak melebihi batas yang disarankan agar manfaatnya dapat dirasakan tanpa membahayakan kesehatan. Jika seseorang mengalami sensitivitas terhadap kafein atau efek negatif yang berlebihan, sebaiknya mengurangi konsumsi atau berkonsultasi dengan tenaga medis untuk saran lebih lanjut.

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!