KPU Karawang Sesalkan Terjadinya Dugaan Pemotongan Anggaran KPPS di Kecamatan Kutawaluya

2 minutes reading
Tuesday, 13 Feb 2024 04:49 0 185 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Dugaan pemotongan dana BOP KPPS dari 185 TPS yang ada di Kecamatan Kutawaluya, dan dugaan sunat anggaran viral di media sosial.

Anggaran BOP KPPS dari 185 TPS di Kecamatan Kutawaluya, Karawang. Diduga ada pemotongan oleh PPS hingga mencapai Rp 1 – 1,9 juta per TPS.

Anggaran biaya operasional KPPS sesuai pagu yang di tetapkan KPU Karawang sejumlah Rp 3,8 juta per-KPPS untuk operasional.

Namun, anggaran tersebut diduga kuat ada indikasi pemotongan, berikut PPS desa yang diduga tilep anggaran BOP KPPS oleh PPS.

Aroma dugaan pemotongan anggaran tersebut tercium di tingkat KPPS di Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang.

Carim Darmawan, wakil ketua LSM GMBI Karawang, menuding adanya sunat anggaran dan jumlah tersebut kurang dari yang seharusnya. Selasa (13/2/2024).

Carim mengatakan dugaan-dugaan seperti ini harus diusut tuntas sebab perilaku tersebut adalah tindakan koruptif yang tidak bisa ditolerir.

“Semua kejanggalan harus dikawal agar diusut tuntas, sebab jangan-jangan itu adalah fenomena gunung es dari dugaan skandal penyimpangan pengadaan yang lebih besar,” kata Carim.

Sekretaris KPU Karawang Fauzi Purwendi, saat di konfirmasi mengatakan, terkait viralnya pemotongan anggaran di KPPS Kecamatan Kutawaluya, pihaknya akan memanggilnya setelah tanggal 14 Februari 2024.

“Kita sudah membuat surat edaran terkait anggaran dan larangan pemotongan sebelum anggaran diturunkan. Sama imbauan di setiap rakor terkait larangan potongan-potongan apapun,” kata Fauzi. (lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!