Konsumsi Stroberi Dapat Meningkatkan Fungsi Otak dan Tekanan Darah Menurun

2 minutes reading
Wednesday, 23 Aug 2023 04:36 0 91 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Kabar menarik datang dari San Diego State University, di mana sebuah penelitian terbaru telah mengungkapkan hubungan menakjubkan antara konsumsi stroberi dan kesehatan otak serta tekanan darah. Hasil penelitian yang sangat dinanti-nantikan ini telah menggetarkan dunia ilmiah dan kesehatan.

Penelitian yang dilakukan dengan dukungan dana dari California Strawberry Commission ini dipresentasikan pada konferensi American Society of Nutrition’s Nutrition 2023 bulan lalu.

Tim peneliti fokus pada sekelompok kecil orang dewasa lanjut usia yang sehat, sebanyak 35 peserta, untuk mengungkap rahasia menakjubkan stroberi.

Peserta penelitian diberikan tugas unik – mengonsumsi 26 gram bubuk stroberi beku-kering setiap hari selama delapan minggu. Ini setara dengan jumlah stroberi segar sebanyak dua cangkir.
Selama periode ini, para peneliti melakukan pemantauan intensif terhadap berbagai aspek kesehatan para peserta, termasuk fungsi otak, tekanan darah, dan lingkar pinggang.

Dr. Shirin Hooshmand, seorang ahli diet terdaftar dan profesor di School of Exercise and Nutritional Sciences di San Diego State University, berbicara tentang penelitian ini. “Kami sebelumnya melihat hasil-hasil positif dalam studi hewan dan penelitian manusia, tetapi penelitian kami ini memberikan pandangan yang jauh lebih komprehensif,” ujarnya.

Hasilnya sungguh mengagumkan. Setelah mengikuti rejimen konsumsi stroberi selama delapan minggu, peserta mengalami peningkatan sebesar 5,2 persen dalam kecepatan pemrosesan kognitif.

Ini menunjukkan bahwa stroberi memiliki dampak positif pada kesehatan otak dan kognisi manusia. Tidak hanya itu, tekanan darah sistolik peserta turun sebesar 3,6 persen, menunjukkan manfaat kardiovaskular yang signifikan.

Dr. Hooshmand juga menyoroti penemuan lain yang sangat menjanjikan: “Kami melihat peningkatan kapasitas antioksidan total sebesar 10,2 persen pada peserta. Ini menunjukkan bahwa stroberi memiliki potensi untuk melawan kerusakan oksidatif dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada penuaan dan berbagai masalah kesehatan.”

Penelitian ini juga mengonfirmasi temuan-temuan berharga dari penelitian sebelumnya. Stroberi telah lama diketahui memiliki manfaat kesehatan kardiovaskular yang luar biasa, dan penelitian ini hanya memperkuat bukti-bukti tersebut.

Dengan hasil yang menggembirakan ini, harapan baru terbuka dalam dunia kesehatan dan nutrisi. Konsumsi stroberi tidak hanya bisa menjadi kelezatan, tetapi juga merupakan langkah kecil yang dapat membawa dampak besar pada kesehatan otak dan jantung.

Bagi mereka yang selalu mencari cara alami untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, stroberi mungkin adalah jawabannya. (pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!