Kolaborasi Mahasiswa KKN UBP bareng Satgas Citarum Harum Sektor 19 Kembangkan Taman Edukasi Program Taman Baca dan Bank Sampah 

2 minutes reading
Wednesday, 19 Jul 2023 13:10 0 125 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Mahasiswa KKN UBP Karawang 2023 bareng Satgas Citarum Harum Sektor 19 mengembangkan Taman Edukasi Citarum Harum. Inovasi tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di lingkungan sekitarnya, serta meningkatkan kualitas, khususnya dalam ilmu pengetahuan dan lingkungan.

Bertempat di Kelurahan Tanjungmekar, Karawang Barat, Selasa tanggal 11 Juli 2023, para mahasiswa KKN UBP bersama Dansektor 19 Citarum Harum, Kolonel Kav R. Ahmad Hudiono, S.Pd, dan Karang Taruna Dusun Teluk Mungkal, meresmikan taman bacaan itu.

Program taman baca terlaksana dengan antusias dari anak-anak sekitar Taman Edukasi. “Dalam project taman baca ini tentunnya mahasiswa berperan aktif dengan dukungan dari Satgas Citarum Harum Sektor 19,” ujar Dansektor 19.

Taman baca ini dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan mini yang memuat buku-buku mengenai lingkungan, hewan, dan buku edukasi lainnya. Taman baca ini bertujuan mendorong minat baca khususnya anak-anak, remaja, masyarakat serta memberikan akses pendidikan informal yang bermanfaat di Citarum Harum.
 
Project ini juga melibatkan program bank sampah yang sedang dalam proses pengerjaan oleh Mahasiswa KKN UBP dibantu dengan Satgas Citarum Harum Sektor 19.

Bank sampah merupakan sistem pengelolaan yang dimana melibatkan masyarakat dalam pengumpulan, pemeliharaan dan pemanfaatan sampah sebagai sumber daya yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Mahasiswa universitas Buana Perjuangan akan memberikan edukasi mengenai pentingnnya pengelolaan sampah, baik itu sampah organik maupun sampah non-organik untuk dikelola dengan lebih efektif.

“Seperti yang kita ketahui sampah dari berbagai sumber dapat mencemari lingkungan darat,  udara maupun perairan, maka dari itu penting memulai kesadaran terhadaap sampah walaupun dimulai dari hal kecil. Partisipasi yang aktif dari masyarakat diharapkan bisa menjadi efek jangka panjang sebagai pelestarian lingkungan di sekitar Citarum,” ucap Dansektor 19.
 
Proses pembuatan Bank Sampah oleh Mahasiswa KKN UBP Bersama Satgas Citarum Harum Sektor 19.
Diharapkan melalui pengembangan Taman edukasi Citarum Harum dengan program atau project Taman Baca dan Bank Sampah ini meningkatkan kesadaran masyarakat dalam bidang pendidikan dan lingkungan serta terciptanya citarum yang harum dan bersih. (M. Karya)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!