Kisah Yuni, Seorang ART Nekad Nyaleg Bermodal Rp 2,5 juta

2 minutes reading
Sunday, 4 Feb 2024 00:57 0 467 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID – Seorang Asisten Rumah Tangga (ART) Yuni Sri Rahayu (41), mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPPR DKI Jakarta. Dia maju dari Partai Buruh.

Yuni berkisah dari pengalaman dirinya sejak memutuskan menjadi seorang Caleg, banyak duka yang di alaminya.

Yuni mengaku mendapat diskriminasi saat akan berkampanye di lingkungan dekat rumahnya, lantaran sudah ada dua Caleg dari Partai lain yang sudah berkampanye.

Yuni mengatakan, tak diperbolehkan melakukan sosialisai di lingkungan rumahnya, di kawasan Cipete Utara, Cilandak Selatan, Jakarta Utara.

“Jujur saja, disini rumah saya. Waktu minta izin sosialisasi sama RT, dia bilang gini. Karena disini sudah dua Caleg jadi enggak bisa sosialisasi,” kata Yuni, Sabtu (03/2/2024).

Meskipun demikian, Yuni mengaku tidak terlalu ambil pusing atas hal tersebut. Dia lebih memilih untuk mengalah dan melakukan sosialisasi di tempat lain.

“Ya diskriminasi dan halangan pasti ada, tapi kita kan gak tahu, jadi ya sudah. Saya juga tidak berambisi untuk menang. Saya hanya menjalani proses yang ada saat ini,” ungkapnya.

Sejauh ini, Yuni hanya mengeluarkan Rp 2,5 juta selama kampanye. Itu pun dia sisihkan dari penghasilannya sebagai seorang pekerja rumah tangga.

“Ya pokoknya kalau dari awal kaya APK saja, itu enggak sampai Rp 2 juta, cuma kalau sama tes seperti itu bisa sampai sekitar Rp 2,5 juta,” ucap Yuni.

Kini Yuni terdaftar sebagai Caleg DPRD DKI Dapil 7, meliputi Kecamatan Cilandak, Pasanggrahan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru dan Setiabudi.

Yuni mengibaratka dirinya sebagai Caleg Dhuafa, lantaran tak memiliki modal besar.

Yuni menuturkan, maju sebagai Caleg karena ingin memperjuangkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

“Kalau saya sendiri dari Partai Buruh, kan kita bilangnya Caleg Dhuafa, yang istilahnya enggak punya modal. Walau punya modal istilahnya dari pribadi sendiri. Ya sebisa kita, saya menyiasatinya dari upah saya sedikit demi sedikit,” pungkasnya. (*)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!