Kieu Pisan! Mobil Produksi Pabrik di Karawang Rambah Pasar Ekspor Asia dan Amerika

2 minutes reading
Tuesday, 13 Jun 2023 16:10 0 403 Redaksi Alexa

KARAWANG, alexapodcast.id – Mobil produksi pabrik di Karawang merambah pasar ekspor ke 25 negara. Pelepasan ekspor mobil itu secara resmi dilakukan Selasa 13 Juni 2023, dihadiri Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang.

Adalah Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), perusahaan yang punya pabrik tersebut. Mobil produksi pabrik TMMIN Karawang yang dilepas ke pasar ekspor ke 25 negara itu adalah Yaris Cross, seluruh model, baik Yaris Cross tipe Bensin juga. Hybrid Electric Vehicle (HEV).

CEO of Asia Region and President Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien, mengatakan, mobil tersebut akan diekspor ke 25 negara di Asia dan Amerika Tengah-Selatan.

“Semua model. Baik Yaris Cross tipe Bensin juga Hybrid Electric Vehicle (HEV),” ujarnya, Selasa 13 Juni 2023.

Di tempat yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengaku terkesan dengan apa yang dilakukan TMMIN.

Karena itu, Ia mengaku kerap datang mengunjungi pabrikan mobil ini, termasuk sebelumnya ketika melepas ekspor Kijang Innova Zenix.

“Saya sebagai Menperin paling banyak berkunjung ke fasilitas ini dibanding fasilitas-fasilitas lain,” kata Agus.

Salah satu harapan Agus adalah mendorong pabrikan untuk mengekspor mobil ke wilayah Australia. Ia menganggap pasar otomotif dari negara tersebut perlu menjadi tujuan ekspor utama.

“Karena kriteria ekspor market Australia cukup tinggi, kalau memang Indonesia sudah bisa mengekspor mobil ke Australia,khususnya Toyota, artinya produk-produk yang diproduksi atau kendaraan-kendaraan yang diproduksi di Toyota Indonesia ini sudah menjadi kriteria yang sangat tinggi. So please look the Australian market,” ucap Agus.

Toyota pun menanggapi permintaan Agus tersebut. Kebutuhan pasar Australia untuk mobil tipe SUV tinggi, namun mereka baru mencukupi SUV yang beukuran besar, sedangkan yang ukuran kecil permintaannya luar biasa besar, sehingga ini perlu jadi perhatian.

“Pasar Australia ini berbeda karena dia pasar negara maju,” kata Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam. (***)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!