Kementerian PUPR Bangun Bendungan Cibeet dan Cijurey Karawang-Bekasi dengan Anggaran Rp9,2 Triliun

2 minutes reading
Sunday, 3 Mar 2024 07:52 0 1277 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengalokasikan dana sebesar Rp 9,2 triliun, untuk membangun Bendungan Cibeet dan Cijurey.

Tujuan utama dari pembangunan kedua bendungan ini adalah untuk mengurangi risiko banjir di wilayah Karawang dan Bekasi, yang merupakan bagian hulu sungai Citarum.

“Kami berharap masyarakat dapat memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan bendungan ini, yang akan diikuti dengan pembangunan sejumlah tanggul di bagian hilirnya,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya dikutip pada Minggu (3/3/2024).

Menurut kontrak yang berlaku, pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey dilaksanakan dalam tiga paket berbeda.

Dana untuk pembangunan kedua bendungan ini menggunakan skema Multi Years Contract, dengan nilai kontrak sebesar Rp5,5 triliun untuk Bendungan Cibeet dan Rp3,7 triliun untuk Bendungan Cijurey.

Pembangunan Bendungan Cibeet dilaksanakan di Kecamatan Cariu, dengan luas genangan mencapai 735,61 hektare (ha).

Bendungan ini memiliki kapasitas tampung efektif sebesar 22,53 juta m3, tampung mati sebesar 28,75 juta m3, dan total kapasitas tampung mencapai 97,53 juta m3.

Sementara itu, pembangunan Bendungan Cijurey dibagi menjadi tiga paket. Paket pertama dilaksanakan oleh PT Brantas Abripraya-PT Minarta-PT Raya (KSO), mencakup pembangunan bendungan utama, bangunan fasilitas pendukung, dan pekerjaan mekanikal elektrikal.

Paket kedua, dikerjakan oleh PT Hutama Karya-PT Sacna (KSO), mencakup pembangunan bendungan utama, jalan akses, dan bangunan pengendali sedimen. Sedangkan paket ketiga, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya-PT Jaya Konstruksi (KSO), meliputi pembangunan bangunan pelimpah, jalan akses, pekerjaan hidro mekanikal elektrikal, dan fasilitas penunjang. (lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!