Kemenaker Terbitkan Aturan Pangkas Gaji Buruh 25 Persen, Ini Alasannya

2 minutes reading
Saturday, 18 Mar 2023 13:25 0 142 Redaksi Alexa

Jakarta, AlexaPodcast.ID — Pengusaha banyak yang menjerit dan mengeluh terkait tekanan yang dihadapi perusahaan. Hal ini membuat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengambil langkah dengan menerbitkan aturan pemotongan gaji karyawan.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI Jamsos) Indah Anggoro Putri mengatakan banyak pengusaha yang menyampaikan keluhan terkait tekanan yang dihadapi perusahaan. Pemotongan gaji karyawan itu banyak dilakukan di industri padat karya yang berorientasi ekspor, pemotongan itu mencapai 25 persen.

Indah mencotohkan, ada perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan, namun tidak bisa sembarangan PHK karena harus membayar pesangon besar. Pada akhirnya perusahaan meminta agar pemerintah membuat aturan fleksibilitas jam kerja.

“Di Oktober 2022, ada beberapa asosiasi industri orientasi ekspor mengirimkan surat kepada bu menteri tenaga kerja, yang isinya permohonan fleksibilitas jam dan hari kerja. ‘Mohon ibu menaker buat peraturan untuk bolehkan kami menyesuaikan jam kerja pekerja’,” ujarnya, Jumat (17/3/2023).

Dari permintaan tersebut, beber Indah, Kemenaker lantas menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 5 Tahun 2023 tentang Penyesuaian Waktu Kerja dan Pengupahan Pada Perusahaan Industri Padat Karya Tertentu Berorientasi Ekspor yang Terdampak Perubahan Ekonomi Global, yang mengatur jam kerja hingga pemotongan gaji buruh maksimal 25 persen.

Indah menjelaskan asosiasi industri yang menyampaikan keluhan tersebut mewakili ratusan pabrik yang berada dalam industri padat karya berorientasi ekspor. “Kalau ditanya berapa industrinya, itu ada lebih dari 100 pabrik,” ungkapnya.

“Kemenaker sebagai regulator membuat aturan sudah berusaha membuat regulasi yang InsyaAllah tujuannya mencegah PHK lebih masif lagi,” lanjutnya.

Meskipun sudah membuat regulasi tersebut ia tidak bisa menjamin tidak akan terjadi PHK sama sekali. (Siska)

Share Link :
LAINNYA
error: Content is protected !!