Kasus Monkeypox di Indonesia Meningkat, Upaya Vaksinasi Dilakukan

1 minutes reading
Friday, 27 Oct 2023 11:23 0 107 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Kementerian Kesehatan mencatat peningkatan kasus penderita monkeypox di Indonesia. Data terbaru pada Rabu (25/10) mencatat 14 kasus yang telah terkonfirmasi oleh Kemenkes. Untuk mengatasi penyebaran penyakit ini, upaya vaksinasi telah diluncurkan.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rondonuwu, mengungkapkan bahwa kasus monkeypox pertama di Indonesia ditemukan pada tahun sebelumnya, dengan hanya satu kasus tercatat.

Namun, peningkatan yang signifikan terjadi pada tahun ini. “Saat ini di Indonesia sudah ada 14 kasus yang telah terkonfirmasi dan dua kasus probable,” kata Maxi.

Selain itu, terdapat sembilan individu yang dianggap sebagai kasus suspek, sementara 17 orang telah diperiksa dan hasilnya menunjukkan hasil negatif. Secara global, kasus monkeypox telah merajalela sejak tahun sebelumnya, dengan jumlah kasus mencapai 9.123 di 115 negara.

Menurut Maxi, mayoritas kasus terjadi pada kelompok usia 25 hingga 29 tahun, yang mencakup 64 persen dari kasus monkeypox di Indonesia. Seluruh kasus ini melibatkan individu yang merupakan laki-laki dan tidak pernah menerima vaksin cacar saat masih anak-anak.

Penularan penyakit ini paling sering terjadi melalui kontak seksual. Dari 14 pasien, 12 di antaranya adalah individu lelaki suka lelaki (LSL), satu orang lainnya adalah biseksual, dan satu lagi heteroseksual.

Berdasarkan temuan ini, Kementerian Kesehatan telah meluncurkan program vaksinasi sebagai upaya penanggulangan penyebaran monkeypox. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!