Kang Emil Pastikan Pemerintah Segera Bertindak, Masyarakat Diminta Stop Unras Ponpes Al Zaytun

2 minutes reading
Sunday, 25 Jun 2023 12:14 0 209 Redaksi Alexa

BANDUNG, AlexaPodcast.ID – Pemerintah segera mengambil tindakan kepada Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat tak lagi menggelar aksi demonstrasi di ponpes tersebut.

Untuk diketahui, pemerintah akan memberikan keputusan terkait Ponpes Al-Zaytun pada pekan depan. Keputusan tersebut setelah adanya hasil investigasi dari tim Pemprov Jabar.

“Saya meminta masyarakat tidak perlu demo-demo lagi, kita tunggu saja pengumuman resmi di hari Selasa atau Rabu yang akan disampaikan oleh pak Menkopolhukam,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Minggu 25 Juni 2023.

Orang nomor satu di Pemprov Jabar itu meminta masyarakat menunggu keputusan yang akan diambil oleh pemerintah pusat terkait Ponpes Al Zaytun. Keputusan tersebut didasarkan atas laporan tim investigasi dari Pemprov Jabar. Dia pun berkeyakinan, keputusan tersebut sesuai harapan masyarakat.

“Seperti apa responnya, kita tunggu saja. Mudah-mudahan dan insya allah sesuai dengan apa yg diharapkan oleh masyarakat secara umum,” ucap sosok yang akrab disapa Kang Emil itu.

Kang Emil menyebut, terkait Ponpes Al-Zaytun dirinya sudah melaporkan progres kerja dari tim investigasi yang dibentuk berdasarkan SK Gubernur kepada Menko Polhukam. “Jadi kasus Al Zaytun ini sudah ditarik menjadi kewenangan nasional,” kata Kang Emil.

Dikatakan Kang Emil, terkait keputusan yang akan diambil pemerintah, akan diumumkan oleh Menkopolhukam di hari Selasa atau Rabu. Keputusan tersebut nantinya termasuk soal sanksi dan lainnya yang akan diberikan pemerintah.

“Arahnya ke sana (sanksi). Jadi ini bahasanya masih umum, kalau nanti pasalnya apa, isunya apa, bentuk tindakan administrasinya apa, akan dijelaskan oleh pak Mahfud nanti,” kata dia.

Sesuai kewenangannya, Pemprov Jabar lanjut dia, akan ditugaskan fokus pada menjaga stabilitas, kondusifitas sosial. Ada poin yang akan disampaikan Menko. pertama Bareskim akan menindaklanjuti laporan-laporan dari masyarakat terkait potensi pasal-pasal pidana yg mungkin terjadi dalam dinamika Al Zaytun.

Kedua, Kemenag sudah siap melakukan tindakan hukum administratif karena pesantren dari bawah sampai atas, sampai MA kewenangan dan izinnya ada di Kemenag. (***)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!