Jalan Kaki Setelah Makan Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

2 minutes reading
Friday, 22 Sep 2023 10:18 0 58 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Berjalan kaki selama 2 hingga 5 menit setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Sports Medicine pada tahun 2022 menemukan bahwa berjalan setelah makan memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beristirahat dengan berdiri setelah makan dapat mengurangi kadar glukosa sekitar 9,51 persen dibandingkan dengan duduk dalam waktu yang lama. Namun, berjalan dengan intensitas ringan setelah makan bisa menurunkan kadar glukosa hingga 17,01 persen dibandingkan dengan duduk.

Peneliti Aidan Buffey menjelaskan bahwa mengganti kebiasaan duduk lama dengan beristirahat sambil berdiri dan berjalan ringan sepanjang hari berdampak positif terhadap kadar glukosa dalam tubuh.

Sebuah meta-analisis yang memeriksa tujuh penelitian terpisah juga menemukan bahwa berdiri setelah makan lebih menguntungkan bagi kadar gula darah dibanding langsung duduk. Meskipun berdiri tampaknya tidak berefek signifikan terhadap kadar insulin dalam darah. Sementara itu, berjalan, meskipun hanya sebentar setelah makan, menghasilkan perubahan yang lebih positif dibandingkan dengan berdiri atau duduk.

Para ahli medis menegaskan bahwa menjaga kadar gula darah agar tidak mengalami lonjakan drastis sangat penting bagi kesehatan. Lonjakan dan penurunan gula darah yang drastis dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes atau penyakit jantung.

Kadar gula darah cenderung melonjak sekitar 60 hingga 90 menit setelah makan, oleh karena itu, bergerak segera setelah makan disarankan untuk memastikan tubuh tetap dalam kondisi optimal. Aktivitas fisik memiliki peran kunci dalam mempengaruhi metabolisme tubuh, dengan otot yang aktif menggunakan glukosa dalam aliran darah untuk energi, membantu menurunkan kadar gula darah. (pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!