Isuzu akan Pindahkan Pabrik Truk di Thailand ke Indonesia, Ini Faktanya

2 minutes reading
Wednesday, 7 Jun 2023 12:53 0 228 Redaksi Alexa

JAKARTA, alexapodcast.id – Isuzu akan memindahkan pabrik truk di Thailand ke Indonesia. Kabar itu diperoleh setelah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang melanjutkan lawatannya dengan bertemu jajaran Isuzu Motors Ltd di Tokyo, Jepang.

“Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang,” ujar Menperin Agus dalam keterangan resminya, Rabu 7 Juni 2023.

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada tahun 2019.

“Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik,” ujar Agus.

Menperin juga mengharapkan agar Isuzu dapat meningkatkan penggunaan komponen di dalam negeri pada proses perakitan, salah satunya dengan mendorong jenis kendaraan yang masih dirakit menggunakan skema importasiCompletely Knocked Down(CKD) agar diubah menjadiIncompletely Knocked Down(IKD). Sedangkan untuk kendaraan yang sudah dirakit melalui skema importasi IKD, agar dapat meningkatkan penggunaan komponen dalam negerinya.

Menperin mendorong untuk dapat memperluas pasar ekspor, khususnya ke Afrika. Menanggapi permintaan tersebut, Niijima menyetujui bahwa pasar Afrika memiliki potensi luar biasa.

“Kami akan mengejar volume produksi di Indonesia sekaligus meningkatkan penjajakan marketing di Afrika,” ujarnya.

Pabrik Isuzu Indonesia saat ini memproduksi kendaraan niaga Isuzu Traga yang diekspor ke berbagai negara, dengan pasar utama Timur Tengah dan Filipina. Sedangkan produk UD Truks sudah dirakit dengan menggandeng mitra PT Tjahja Sakti Motor dan Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara.

Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd. Yasuyuki Niijima, mengatakan, di Indonesia, pabrik Isuzu yang berlokasi di Karawang memiliki tingkat utilisasi yang cukup tinggi, mencapai 85%. Produksi tahun 2022 sebesar 44.694 unit, atau 15% dari total produksi Isuzu di seluruh dunia. Pada tahun 2022, ekspor Isuzu Indonesia mencapai 8.254 unit untuk jenis kendaraan Completely Built Up (CBU).

“Untuk itu, Isuzu meminta dukungan dari Pemerintah Indonesia untuk kemudahan ekspor,” katanya. (***)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!