Inovasi Putra Karawang, Alexa Tech bikin Listrik Tenaga Surya

3 minutes reading
Thursday, 15 Jun 2023 15:57 0 719 Redaksi Alexa

KARAWANG, alexapodcast.id – Sebuah inovasi dari putra Karawang di tengah kegalauan tarif listrik dan problem listrik (token) nit nut nit nut. Alexa Tech ciptakan listrik tenaga surya/matahari. Ajibnya, produk ini sudah bisa didapatkan oleh masyarakat luas secara umum.

Saat ini, listrik sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi manusia. Sementara, ada beberapa faktor yang menjadikan permasalahan dalam penggunaan listrik itu sendiri, salah satunya berkaitan dengan materi.

Pemanfaatan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bisa menjadi solusi. Sistem pembangkit listrik yang menggunakan panel surya atau dikenal juga dengan panel solar menjadi sumber energi yang ramah lingkungan.

PLTS dengan panel solar yang dipasang di atap semakin populer dan berkembang di masyarakat. Sistem ini dinilai mudah diimplementasikan, sederhana, dan kapasitasnya bisa disesuaikan dengan luas atap.

Sistem ini juga diminati karena sinar matahari mudah didapatkan di Indonesia yang merupakan daerah tropis. Simak pengertian dan cara kerja panel surya berikut ini.

“Beranjak dari itu, kami membuat terobosan ini,” ujar Ferry Dharmawan, CEO Alexa Tech, kepada media ini, Kamis 15 Juni 2023.

Ferry memaparkan, dalam memproduksi listrik tenaga surya ini, ada beberapa tipe dan jenis yang ditawarkannya. Mulai dari yang simple yakni kapasitas 250 watt, basic 450 watt, standar 1200 watt, medium 3000 watt dan premium.

“Untuk harga, bisa langsung kontek ke nomor 08118672488,” ujar Ferry, seraya menambahkan, pihaknya akan pasangkan listrik tenaga surya ini untuk masjid-masjid di Karawang secara bertahap, gratis tanpa biaya sepeserpun.

Ini, tambah Ferry, merupakan produk asli Karawang. “Saya berdoa, project ini lancar dan bisa membuka lowongan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat Karawang, karena ini termasuk produk padat karya,” katanya.

Kantor Alexa Tech, Graha Dharmawan Group, Ruko Kantor Pemasaran CKM City, Bengle, Majalaya, Karawang.

Sekedar info, pembangkit listrik tenaga surya adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic.

Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik sesuai kebutuhan listriknya.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Secara sederhana, cara kerja panel solar adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menapung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. Dengan demikian, sistem bisa berjalan meskipun di sore hari, malam hari, atau ketika kondisi hujan. Selain itu, terdapat kabel yang terintegrasi dengan instalasi listrik di dalam rumah. Ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, misalnya ketika menyalakan televisi, secara otomatis tenaga listriknya diambil dari baterai.

Manfaat:

  1. Menghemat Tagihan Listrik
    Kenaikan tarif listrik tentu saja berdampak pada kondisi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi jika tagihan listrik terus merangkak naik tanpa diimbangi kenaikan penghasilan. Dengan memakai panel solar, tagihan listrik akan berkurang sampai 50%, bahkan bisa saja Anda tidak perlu membayar tagihan listrik. Hal ini karena kebutuhan akan listrik di rumah bisa dapat dipenuhi sendiri.
  2. Ramah Lingkungan
    Dengan menggunakan sistem pembangikit listrik yang menggunakan tenaga surya, Anda turut berperan dalam menjaga kelestarian alam. Energi surya adalah sumber energi yang ramah lingkungan dan terus tersedia di alam.
  3. Mudah Diterapkan di Indonesia
    Indonesia merupakan negara tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini membuat negara kita cocok dalam penerapan energi surya. Dengan demikian, sistem panel solar dapat diterapkan di setiap rumah di Indonesia dan menjadi pembangkit listrik mandiri. (Siska Purnama Dewi)
Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!