Ini Cara Pertolongan Pertama untuk Menolong Orang Kena Serangan Jantung

2 minutes reading
Wednesday, 4 Oct 2023 01:41 0 79 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Serangan jantung adalah kondisi darurat yang terjadi saat aliran darah yang membawa oksigen ke jantung tiba-tiba terhenti.

Untuk memberikan pertolongan pertama yang efektif saat seseorang mengalami serangan jantung, Anda perlu mengetahui tindakan yang tepat. Pertolongan pertama dapat mengurangi risiko komplikasi serius.

Gejala Serangan Jantung:

Beberapa gejala serangan jantung yang umum meliputi:

Sesak nafas.
Nyeri atau ketidaknyamanan di dada.
Lemas dan pusing.
Mual dan nyeri pada ulu hati.
Detak jantung tidak teratur.
Berkeringat dingin.
Penting untuk diingat bahwa tidak semua serangan jantung terjadi secara mendadak. Beberapa serangan jantung bisa dimulai dengan gejala-gejala di atas, sehingga mengenali tanda-tanda tersebut sangat penting.

Pertolongan Pertama untuk Orang Lain:

Memanggil Ambulans: Hubungi ambulans segera dan berikan informasi yang jelas tentang posisi dan kondisi pasien.

Memberikan CPR: Jika bantuan medis mengalami keterlambatan, instruksi untuk melakukan CPR mungkin diberikan. CPR adalah teknik kompresi dada dan pernapasan buatan yang dapat membantu menjaga aliran darah dan oksigen ke otak.

Memonitor Kondisi Pasien: Periksa denyut nadi secara berkala dan perhatikan kondisi pasien yang mengalami serangan jantung.

Pertolongan Pertama untuk Diri Sendiri:

Tidak Panik: Usahakan untuk tetap tenang, karena panik dapat meningkatkan detak jantung.

Melonggarkan Pakaian: Lepaskan pakaian yang ketat untuk mengurangi rasa sesak di dada.

Menghubungi UGD Terdekat: Segera hubungi rumah sakit terdekat atau pusat gawat darurat (UGD) untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Tunggu di Depan Rumah: Setelah menghubungi rumah sakit, tunggu di depan rumah Anda agar petugas medis dapat menemukan Anda dengan cepat.

Ingatlah bahwa serangan jantung adalah kondisi serius, dan mendapatkan perawatan medis secepat mungkin sangat penting. Tindakan pertolongan pertama yang tepat dapat meningkatkan peluang keselamatan pasien. (jawapos)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!