Ian Kasela Radja Disomasi Pencipta Lagu ‘Cinderella’

2 minutes reading
Friday, 28 Jul 2023 07:26 0 123 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Vokalis band Radja, Iandhika Mulya Ramadhan atau dikenal sebagai Ian Kasela, mendapatkan somasi dari pencipta lagu “Cinderella,” Rival Achmad Labbaika atau lebih dikenal dengan nama Ipay.

Lagu “Cinderella” yang populer dinyanyikan oleh Ian Kasela dan band Radja, kini menjadi sengketa karena penulisan nama pencipta lagu tersebut.

Kuasa hukum Ipay, Minola Sebayang, menyampaikan bahwa lagu “Cinderella” telah dinyanyikan dan dibawakan oleh Ipay sejak tahun 1996, jauh sebelum Ian Kasela dan Radja membawakannya. Menurut Minola, secara hukum, lagu ini sudah dipublikasikan oleh Ipay.

Namun, pada sekitar tahun 2003 atau 2004, Ipay menyaksikan penampilan Band Radja menyanyikan lagu “Cinderella” di sebuah stasiun televisi dengan menyebutkan nama Ian Kasela dan Ipay sebagai pencipta lagu tersebut.

Ipay merasa heran karena ia menganggap “Cinderella” adalah lagu ciptaannya sendiri, dan tidak tahu mengapa nama Ian Kasela juga ikut disebut sebagai pencipta.

Masalah semakin memburuk ketika Ipay menemukan bahwa lagu “Cinderella” didaftarkan ke LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) dengan nama pencipta Ian Kasela seorang.

Hal ini membuat Ipay merasa bahwa karya ciptanya telah diatribusi kepada pihak lain tanpa izin dan tanpa mengakui hak penciptanya.

Minola menyatakan bahwa sebenarnya mereka awalnya mengira bahwa penulisan nama Ian Kasela sebagai pencipta lagu “Cinderella” adalah kesalahan.

Namun, setelah berlangsung terus menerus bahkan hingga di album kedua dan ketiga Radja, nama Ian dan Ipay tetap tercantum sebagai pencipta lagu tersebut.

Kini, setelah pertimbangan lebih lanjut, Ipay merasa bahwa ini bukan kesalahan penulisan semata, melainkan sengaja mengatribusi karya ciptanya kepada Ian Kasela.

Bagi Ipay, karya cipta adalah sesuatu yang melekat pada penciptanya, dan penulisan yang salah tersebut telah merugikan dirinya sebagai pencipta lagu “Cinderella.”

Sengketa ini menjadi perhatian publik karena melibatkan lagu yang telah dikenal luas dan memiliki sejarah panjang dalam industri musik.

Pihak-pihak terlibat berharap dapat menemukan penyelesaian yang adil dan tepat berdasarkan hak pencipta serta memperjelas kredit yang seharusnya diberikan atas lagu “Cinderella.” (kompas)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!