Hindari Konsumsi Kopi Jika Anda Mengidap Penyakit-Penyakit Ini

2 minutes reading
Monday, 27 Nov 2023 03:04 0 102 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Kopi, meskipun menjadi minuman favorit banyak orang, ternyata tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki sejumlah penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa kondisi yang sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi kopi:

  1. Glaukoma: Penderita glaukoma, yang tekanan intraokularnya sudah tinggi, sebaiknya menghindari konsumsi kopi. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko glaukoma pada orang yang rentan terhadap peningkatan tekanan intraokular.
  2. Penyakit Jantung: Kafein dalam kopi dapat menyebabkan peningkatan sementara pada tekanan darah dan detak jantung. Bagi penderita penyakit jantung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang keamanan dan jumlah konsumsi kopi.
  3. Kandung Kemih Terlalu Aktif: Kafein dapat meningkatkan frekuensi dan keinginan untuk buang air kecil, khususnya pada orang yang tidak rutin mengonsumsi kopi.
  4. Gangguan Tidur: Konsumsi kopi, terutama di sore hari, dapat memengaruhi kualitas tidur. Disarankan untuk menghindari kafein minimal 6 jam sebelum tidur agar tidak mengganggu pola tidur.
  5. Masalah Diare: Meskipun beberapa orang merasa minum kopi dapat memperlancar buang air besar, hal ini tidak diinginkan bagi mereka yang menderita diare. Kopi tanpa kafein mungkin lebih baik, namun cairan panas dapat mengiritasi usus.

Penting untuk diingat bahwa reaksi terhadap kopi dapat bervariasi dari individu ke individu. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai terkait konsumsi kopi. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!