Hati-hati dengan Makanan Ini, Bisa Merusak Gigi dan Gusi Anda!

2 minutes reading
Tuesday, 15 Aug 2023 09:48 0 73 Redaksi Alexa

Kebiasaan buruk seperti jarang menyikat gigi memang bisa menyebabkan gangguan kesehatan mulut, tetapi tak hanya itu saja yang perlu diwaspadai. Pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi juga dapat berkontribusi pada kerusakan gigi dan merusak gusi.

Dr. Richard Marques, seorang dokter gigi, mengingatkan bahwa makanan tertentu memiliki potensi merusak gigi dan mengikis enamel, oleh karena itu perlu lebih cermat dalam memilih jenis makanan.

Berikut adalah beberapa makanan yang perlu diwaspadai karena berpotensi memicu kerusakan gigi dan gusi:

  1. Keripik
    Keripik memiliki sifat tajam yang dapat merusak gigi dan gusi. Sisa keripik yang terjebak di gigi dapat mengubah pati menjadi gula, memberi makan bakteri penyebab gigi berlubang. Setelah mengonsumsi keripik, disarankan untuk berkumur dengan air atau minum air untuk membersihkan sisa-sisa makanan.
  2. Buah Kering
    Meskipun buah-buahan kering dianggap sebagai camilan sehat, banyak dari mereka mengandung pemanis tambahan. Rasa manis dan tekstur lengket dari buah kering dapat menyebabkan masalah gigi. Batasi konsumsi buah kering dan berkumurlah dengan air setelahnya.
  3. Roti
    Roti putih atau makanan berbasis tepung dapat mengubah pati menjadi gula, yang dapat menempel pada gigi dan menyebabkan kerusakan. Pastikan untuk menjaga kebersihan gigi setelah mengonsumsi makanan berbasis tepung.
  4. Saus Pasta Mengandung Tomat
    Saus pasta dalam botol memiliki kandungan asam dan gula tinggi yang dapat merusak enamel gigi, bahkan dapat menyebabkan noda atau perubahan warna gigi. Berhati-hatilah dengan konsumsi saus pasta ini.
  5. Minuman Beralkohol
    Minuman beralkohol dapat menyebabkan mulut menjadi kering karena produksi air liur yang menurun. Mulut yang kering dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi karena mengurangi aktivitas pembersihan alami. Kekeringan mulut dapat menyebabkan gigi lebih rentan terhadap karies dan erosi gigi.

Jadi, selain menjaga kebersihan gigi secara rutin, perhatikan juga jenis makanan yang Anda konsumsi. Dengan memilih makanan yang lebih ramah terhadap kesehatan gigi dan gusi, Anda dapat mencegah masalah kesehatan mulut yang tidak diinginkan.

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!