Harga Beras Diprediksi Melonjak Hingga Rp 20 Ribu, Masyarakat Khawatir Kehidupan Ekonomi Terancam

2 minutes reading
Tuesday, 27 Feb 2024 01:42 0 1146 Redaksi Alexa

AlexaPodcast.ID – Diperkirakan bahwa harga beras akan mengalami lonjakan signifikan, mencapai puncaknya hingga mencapai 20 ribu rupiah per kilogram dalam beberapa bulan mendatang.

Prediksi ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, dengan banyak yang mengkhawatirkan dampaknya terhadap kestabilan ekonomi domestik.

Menurut para ahli ekonomi, beberapa faktor yang memicu kenaikan harga beras termasuk kondisi cuaca yang buruk yang mengganggu produksi beras lokal, peningkatan permintaan dari negara negara tetangga, dan fluktuasi nilai tukar mata uang.

Selain itu, pandemi COVID-19 juga telah memberikan tekanan tambahan pada rantai pasokan dan distribusi beras.

Para petani beras di seluruh negeri telah melaporkan hasil panen yang rendah akibat cuaca ekstrem dan gangguan lainnya, yang menyebabkan pasokan beras menurun.

Sementara itu, konsumen di tingkat nasional dilanda kekhawatiran akan kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari dengan harga beras yang semakin mahal.

Pemerintah diharapkan segera mengambil tindakan proaktif untuk mengatasi lonjakan harga beras ini, termasuk dengan meningkatkan pengawasan terhadap spekulasi harga dan memperkuat program subsidi beras bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Para pakar juga menekankan pentingnya diversifikasi sumber beras dan meningkatkan produktivitas pertanian untuk mengurangi ketergantungan pada impor beras.

Dalam menghadapi tantangan ini, kerjasama antara pemerintah, petani, dan masyarakat umum sangat diperlukan untuk memastikan ketersediaan beras yang memadai dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. (lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!